Tuesday, August 25, 2009

Culinary Walk pt. 3: Hongkong - Chicken Rice Pa Ho



Nyari makanan halal di Hongkong sama aja kayak nyari Brandon Boyd di Pasar Senen: Kagak Bakalan Dapet!
Mangsud dari kalimat hiperbolis ini adalah SUSAH.
Ada.... tapi syusyaaaa.
Apalagi yang bener-bener halal. Ke laut aja deeeh.

Setelah mengelilingi Temple Street Night Market yang sumpeeeeh... deretan restorannya itu lebih seru dibanding Ladies Market. Kalo di Ladies Market yang berjejer-jejer itu restoran babibebek, kalo di Temple Street Night Market, yang merajalela adalah seafood. Padahal kga deket sama laut juga gituloooh.

Ngelilingin jalan itu kalo kga ngiler mah kga mungkin daaah! Apalagi dengan brosur “free beer” terpajang di meja. Hmm.... kalo kga inget sama isi dompet dan Akang Hyde yang lagi ngaso di kasur hostel mah, gw udah duduk disalah satu resto itu menyantap seafood dan sebotol (ato 2?) bir daaah!!!

Biar gak makin mati keabisan air liur yang netes mulu dari mulut, gw sama temen gw pun memutuskan untuk alih langkah. Menjauhi deretan resto seafood itu, menuju satu jalanan yang lebih lengang. Tapi disitu juga deretan restoran.

Perut udah melilit euy.
Masa’ sampe tengah malem yang ngisi lambung cuma satu McChicken sama sepotong muffin? Aiiih, ini namanya diet paling sadis!
Gimana gak sadis kalo seharian: naek turun gunung, tangga dan JALAN KAKI, tapi isi perut hanya burger mungil dan muffin tak kalah imut.
Seharian bow’ demi pengiritan dalam menikmati negara orang. Ckckckck....

Saat ditengah keletihan, kelaparan dan kegilaan itu, muncullah satu papan dengan tulisan dalam bahasa cina yang sepertinya berarti: “paket hemat”
Wakakakaksss... kami jadi ahli baca pertanda selama di jalanan dengan tulisan aneh itu.

Ditiliktilik ditiliktilik..
Ini restoran hanya menyediakan ayam dan nasi dan mie.
At least, ayam-ayam montok yang bergelantungan itu tidak dibayang-bayangi paman babi.
Lalu satu lagi yang menarik perhatian kami (dan tertulis di papan itu) “NO MSG”
Hmm... makanan sehat nampaknya.
Lagian, papan itu menampilkan sesuatu yang makin membulatkan tekad kami untuk menjadikannya surga untuk memenuhi lambung kami: “Chicken Rice 20$”, “Chicken Noodle 20$”

WAAAKKKSSS!!!
Makanan muraaah!!!

Kami sempet berlalu untuk diskusi, padahal mas-mas greeternya udah berCecetCowet aja.
Dan kami pun kembali dengan cengiran lembar.

“is it kind of economic-package?”
Mas-mas itu gak bisa bahasa Inggris, jadi manggut-manggut lalu nyuruh kami masuk kedalam kedai. Kami yang kelaparan nian pun melangkah memasuki kedai kecil yang aiiih... rame loh bow.

Mba-mba pramusaji, tanpa nunggu, langsung menghadiahi kami 2 gelas teh tawar. Gw pun tanpa malu bilang, mau menu yang di papan itu. Si mba manggut-manggut dan langsung menyampaikan pada si pemasak yang berada dibalik dapur. Dapurnya termasuk open kitchen, jadi bisa kita liat.

Cepet banget!
Gak sampe 10menit, udah nyampe pesenan kami.

Nasi ayam. Dan.... mie ayam? Hehehe...
Beginilah tampaknya....





Yang ijo-ijo itu, bukan wasabi, tapi daun ketumbar+sereh+jahe dihalusin buat netralin rasa.

Nah...
Rasanya sendiri?
Jujur? PLAIN.
Karena gak pake MSG kali yee?
Untung ada soysauce dan kecap ikan. Lumayan ngasih rasa laah.
Tapi emang gak berlemak sama sekali.
Kuahnya bening.

Untuk seharga 30ribuan sih, bisa dibilang ini makanan MENGENYANGKAN sekali. Porsinya besar. Potongan ayamnya banyak, sampe udah bosen. Segitu udah paket hemat yang dikurangin porsinya looh...
yang asli? Wudieeewww, buanyak tapi dapet sayur sawi juga.

Lumayan mengenyangkan dan lumayan juga ‘cukup’ halal hehehe....
At least, jadi bekel yang lumayan mengganjal dan mampu menyokong kaki dalam menapaki Nathan Road kembali ke Mongkok yang nota bene, jaraknya itu.... 10 kiloan ada kali ye? Jarak 3 station MTR lah. Pastinya saat kembali memeluk Akang Hyde, perut gw masih terasa pas kepenuhannya. HAHAHAHA!!!!

Kedai chicken rice yang satu ini sih gak termasuk yang recommended banget. Walau saat nyobain chicken rice punya temen yang dibeli di suatu tempat di Mongkok, ternyata punya Pa Ho itu lebih enak chicken rice-nya.

Buat yang merasa perlu untuk mengurangi MSG dan secara di Hongkong semua masakan MSGnya segudang, naah... resto ini bolehlah disambangi. Apalagi kalo pas lagi belanja di Temple Street Night Market. Adanya di suatu jalan antara Jordan MTR Station sama Temple Street. Gw juga gak tau nama jalannya, hahahaha!!! Gini nih, kalo ngandalin kaki sama idung doang buat menuntun langkah.

Tapi kedai chicken rice sendiri (bukan cuman punya si Pa Ho itu yaa) tersebar kok, tinggal perhatiin aja, si paman babi yang gempal itu ikutan mejeng di etalase ato enggak. Yaah, setidaknya gak keliatan jelas banget gak halalnya gitulaah. Masalah si ayam dimatiinnya dibacain ‘Bismillah’ ato enggak mah itu udah jelas banget enggak kan? Mungkin aja si pejagal ayam matiinnya dengan ngebanting si ayam dan teriak, “mati loe!” hahaha!


Cheers anyway!

No comments:

Post a Comment