Friday, July 18, 2008

fenomena nonton konser: sebuah ke-eksis-an diri







Ckckck...
Lagak gw nulis ini thread udah kayak tukang nonton konser ato beda tipis lah sama calo penjual tiket konser aja. Padahal, hanya ada 2 konser musik yang pernah gw sambangi seumur hidup gw, dan itu berentang waktu kurang lebih sekitar 3 taonan. So... am I valid enough to write such a thread?

Eniwei, not much care about it, hanya bercerita sedikit ketermanguan gw saat mengantri nonton konser musik sebuah band besar di awal maret lalu yang threadnya udah gw umbar begitu banyak di blog ini.

Begini ceritanya....

Duduk-duduk di lantai paving dan dikelilingi para ABG yang gw yakin belum genap ¼ abad menjalani priviledge terberinya yaitu HIDUP, bikin gw amazed. Karena entah bagaimana, mereka bisa mengatur keuangannya untuk membeli tiket seharga setengah juta, yang bagi gw, yang sudah kerja pun, terasa begitu mencekik. Beruntunglah mereka, kata temen gw, “born as a rich-ass-kid” (sirik mode: ON), hahaha.

Tapi tidak hanya itu yang membuat gw cukup termangu dengan fenomena yang ada. Percaya atau enggak, mayoritas dari mereka yang menonton bukanlah mereka yang fasih dengan band yang akan manggung. Gak hanya soal personil (yang dimaklumi deh kalo yang cuma keliatan di mata itu sang vokalisnya doang), pun musiknya. Makanya, gak heran kalo selama nunggu, banyak yang nyumpel kuping mereka dengan earphone yang tersambung dengan ragam iPOD (asli iPOD, bukan mp3player abal-abal yang dijual di kereta). Komentar mereka, “iya, ngapalin nih, ketuker tuker gw lagu mereka”.

Gw dan teman gw pun saling tatap tak percaya.
They spent tho$$$e money untuk sesuatu yang gak mereka kenal?

Lucunya, ada lagi segerombolan cewek ABG yang, kalo gw bilang sih, dandanannya lebih cocok buat hang-out di mall, either itu ngadem sambil perawatan di salon, ato nyesap secangkir capuccino di starbucks. Sempet gak ngebayangin aja mereka berada diantara lautan moshing (walau emang gak ada moshing, tetep desak-desakan kan?), dan yaa, memang mereka tidak berada di kelas festival yang notabene sangat tidak mentolerir para putri keraton bergabung diantaranya, tapi di kelas tribune yang jauuh tapi bisa duduk dengan manis kalo bosen (baca: gak ngerti musik yang dimaenin).

Oke... sudahlah, they are indeed born as a rich-ass-kid, mau digimanain lagiih? Tinggal noel bokap ato nyokapnya, beberapa lembar keluaran Bank Indonesia itu pun langsung pindah tangan.

Tapi yang lucunya lagi, gw yang kebetulan dapet di barisan terdepan di kelas festival, kedapetan bersebelahan (temen gw sih yang bersebelahan), dengan seorang anak SM...P (!!) yang mengira kedua perempuan disebelahnya (gw ma temen gw, red!) adalah siswi SMA... lalu diralat.. kuliah. Sedikit terpana dan cukup termangu setengah gak percaya dengan kenyataan... “tampang kita semuda itu yaaa???”

Tapi tunggu dulu, bukan itu yang membuat gw semakin melebarkan bukaan rahang.
Anak ini dengan begitu lugasnya bertanya, “kemaren ke konsernya MCR?”
Eerrr.... gw pun mengerutkan kening dan menggeleng.
“kalo Black Dahlia? Wah, itu ya konsernya parah banget deh....”
gw cukup terkesima karena ternyata ada anak yang memang pecinta rock n roll dari semuda itu.
“enggak sih, gak gitu tau sama musiknya. Tapi suka aja dateng ke konser. Eh, gitarisnya Incubus siapa sih? Lagunya selaen Anna-Molly apa ya? gw belom ngapalin nih. Tadi dateng ke hotel Mulia gak? Oia, liat Muse gak dulu? Itu keren deh”

Dan gw hanya bengong sementara di otak gw, dengan cepat, bergerak angka-angka nominal harga tiket masuk konser yang rata-rata berkisar di pertengahan juta, alias, 500ribuan ke atas.
Misalnya nih, katakanlah dalam satu tahun itu ada 10 konser musik rock lalu dikalikanlah dengan harga 500ribuan itu... alamaaakkk... dengan duit segitu banyak, gw udah bisa muasin napsu traveling gw sampe mana yaa??? Korea ato Aussie kali ya minimal?

Ckckckck...
Kids today.

Teringat di benak gw, pada saat gw berada di umuran mereka, saat beberapa band asing berdatangan untuk ngadain konser disini, betapa gw berusaha mati-matian untuk mendapatkan tiketnya secara gratisan (tapi gak pernah dapet T.T) dengan modal telpon rumah (yang masih sistem puter itu, plus gak ada sistem redial!), karena gak mungkin tiket itu terbeli dengan uang jajan. Kalopun nekat minta duit ke bokap-nyokap, itu artinya gw udah bosen idup, ato minimal gw udah bosen idup di rumah itu dan siap ditaro begitu aja di jalanan ato lebih bagusan dikit, di panti asuhan antah berantah.
Intinya... nonton konser di jaman gw SMP/SMA/(bahkan) KULIAH adalah... ngimpi aja deh lo!!!

Padahal, dulu harga tiket nonton konser masih berkisaran seratus ribuan yaah paling mahal dua ratusan kali ya? Apa kabar kalo dari dulu udah setengah juta harganya?????

Tapi lalu ada selentingan yang berkelebat di benak gw. Beli tiket konser semahal itu, sesering itu, biarpun gak kenal siapa yang ditonton ato jenis musik apa yang dimaenin, bisa dengan mudahnya dilakukan tanpa ngeluh. Tapi kenapa ya, beli buku pelajaran yang harganya berkisaran disitu dan udah jelas hanya 6bulanan sekali, ngeluhnya bisa sepanjang hari sepanjang umur?

Kalo kata temen gw, perkara tau gak tau, itu belakangan, yang penting... eksis!

Gila, kalo demi ke-eksis-an gw musti menghabiskan satu bulan gaji dalam hitungan sekian jam, itu namanya gw bunuh diri dengan cara yang paling kejam namun bodoh.

Yaah... lagi-lagi gw hanya bisa meng-Amin-i komentar temen gw, “Thank God they’re born as a rich-ass-kid

Tapi jadi kepikiran, kalo mereka biasa jajan begitu, berapa duit yang harus mereka peroleh saat kerja nanti buat nutupin gaya hidupnya yaa???

Ckckckck....
Again... kids today [geleng-geleng kepala mode: ON]

__________________________________


[onears] The Academy Is .... Everything We Had




No comments:

Post a Comment