Thursday, March 06, 2008

A Dream Comes True in A Trully Adventure: Incubus Live in Concert





Where: Tennis Indoor Senayan
When: March 5th, 2008


Apa rasanya, mempunyai daftar impian dan mendadak posisi pertama dalam daftar itu menjadi kenyataan?
Itulah yang gw rasakan kemarin, Rabu 5 Maret 2008.

Konser INCUBUS.

Itu adalah posisi pertama dalam daftar konser yang harus gw tonton. Makanya, gak heran kalau dari 3 bulan sebelumnya, gw udah panik cenderung mendekati depresi menantikannya. Namun kepanikan tiada tara tercipta sejak 10 jam sebelum konser dimulai!!! Aiiih, i can not rest my heart at ease!

Walau begitu, dengan seragam konser ala gw, gw pun melangkah dengan sigap, diiringi doa restu anak-anak sekantor, sampe gw cium tangan segala sama tetua kantor!! Gak peduli lirikan heran seluruh penghuni gedung kantor ini, gw tancap terus pantang nyerah. Gimana gak dilirik??? Diantara pekerja berdasi maupun berstelan kerja apapun lainnya, gw muncul dengan kaos oranye bergambar Tazmania besar, celana cargo sedengkul warna hitam, sepatu keds hijau, tas pinggang, jaket yang diikat di pinggang dan satu aqua di tangan yang tergenggam erat.
Hmm... sangat bukan tipikal pekerja kantoran bukan?
Percayalah... gak hanya dikira anak kuliahan, pun dikira masih SMA! Hmm... bagus kaan???
Apapunlah, yang penting... GW MAU WUJUDIN MIMPI GW!!!

Dari awal, gw sudah mencium keberuntungan berada di pihak gw. Pertama, temen gw, TEPAT waktu (which is, sesuatu yang amazingly unbelievable!). Kedua, begitu sampe di gate, walau harus melalui perjalanan (yang benar-benar) panjang (by foot looh), hanya ada segelintir... PENJAGA! Sampe gak yakin, karna gw pas liat jam, udah sekitar jam 3 lewat (adzan Ashar deh!) biasanya, dari subuh juga udah ada yang kemping kali hehehe. Jadi, kesimpulannya, posisi front row sudah ada di tangan!

Walau begitu, langit mulai meredup dan sepertinya awan terlalu berat menanggung air yang terkandung dalam dirinya (mungkin ginjal awan terlalu kecil?) dan BREEEEESSSSS.... tanpa tedeng aling, hujan pun mengguyur. Untung karna gw berdiri dibawah tenda mungil, tapi sampe kapaaan? Dan dengan baik hati, penjaga pun mulai menyerukan kami untuk masuk, berteduh di pinggiran lapangan tenis. Yaaah, daripada harus kayak tikus kecebur goott???

Selama nunggu, beberapa kali telinga gw menangkap permainan drum dan gitar. Omigosh, CHECKSOUND! Sebelnya, yang antri sekalian berteduh sambil duduk-duduk di pinggiran lapangan tenis itu, berisiknya bukan maen! Mana bisa denger check-sound mereka??? Gw udah merengut-rengut kesel aja dan terpaksa hanyut dalam pergosipan dengan temen gw.

Jam 5 sore, mendadak gate kedua mulai berbondong-bondong didatangi orang dan gw pun melesat menerobos rombongan itu, hingga ke posisi 8 dari depan, hehehe (pengalaman menyedihkan yang dijalani selama 5 tahun dalam KRL Jabotabek itu, memang sangat berharga!). Biarpun hujan rintik-rintik mengguyur, tidak meluluhkan hati para penjaga bertampang sangar-nanggung dan berbaju hitam itu. Sama sekali gate tidak dibuka, malah mereka asik nyukurin (sialan).

Setengah jam kemudian, gate kedua diBUKA!!!
Sumpah, gw panik berlarian menuju gate ketiga. Disitu, terjadi penelusuran tubuh, yang sebenernya gw lebih prefer dilakukan oleh mas-mas itu (hehe). Temen gw udah sedikit freak-out soal makanan dan minuman sampe kamera digital yang dia bawa, sementara gw dengan tenangnya bilang, “mereka juga manusia kok, pasti ngerti”.

Di pintu gate 1 (gate ke 4 yang dilewati), tas dibongkar. Mas-mas penjaga yang cek tas gw tergugu melihat satu kotak susu coklat, kacang, permen tolak angin dan mentos. Gw pun cengir ke dia dan bilang, “percaya deh mas, di dalem juga gak dimakan. Mau diambil? Sok aja buat mas.” Mas itu pun tertawa dan manggut-manggut, “masuk aja deh ya? Ati-ati licin loh.”

PISS!!
Itu keberuntungan ketiga gw!

Rushing to the front row, temen gw udah PW aja dibagian kiri panggung (kapan dia nyusul gw ya? Pasti pas tadi gw beramah tamah sama mas-mas di depan). Gw shock sekaligus tercengang. Posisi berdiri gw, TEPAT berhadapan dengan MICHAEL AARON EINZIGER ‘the god-guitar’. Rasanya, gw pengen loncat ke atas panggung dan loncat-loncat disitu hehe. Temen gw yang gak sadar posisi saking terlalu bersemangatnya, begitu gw ingatkan langsung panik sendiri dan ngontakin temen band-nya, halaah. Ini keberuntungan keempat gw!

Bagian terpenuh memang dibagian tengah, mereka semangat mau liat Brandon Boyd, tapi gw dan temen gw yang sangat menghargai permainan dashyat Mikey, bersyukur (kalo perlu sujud syukur kali!!) mendapati posisi berhadapan langsung dengan Dewa Gitaris itu.

Nunggu sambil duduk-duduk (sempet-sempetnya juga ngladenin keisengan salah satu mas-mas bodyguard, halaah), gw memperhatikan penonton di bagian Tribune, dan bertanya-tanya sendiri, apa enaknya duduk nun jauh di atas sana? Sempet juga kenalan sama anak SMA (aiiihh), yang nyangka kita... masiiih kuliah.
GOSH!! With the unbelievable outfits i wore yesterday, I did look 5-years YOUNGER than my actual age. Yaya... masiih juga dilirikin sinis sama anak-anak cewek SMA pas nunggu di gate paling depan tadi (mungkin mereka sedikit merasa tersaingi?) atau sirik liat gw yang keliat lebih muda dari mereka?? HA!!!

Sambil nunggu, temen gw nanya, “apa loe bakal bertingkah seperti groupies?”
Gw mikir untuk beberapa saat, “kalo nangis, mungkin. Bukan kenapa, tapi ini mimpi gw. Pernah gak sih loe ngrasa gitu? Gak bisa ngapa-ngapain, cuma air menetes dari mata aja.”

Setengah jam menuju jam delapan, mendadak terjadi kerusuhan (hiperbolis banget gw!), maksud gw, penonton yang tadinya duduk-duduk, mulai bergerak berdiri dan berdesakan. Sekali lagi, gw berterima kasih pada guru tak terkalahkan dalam subjek pelajaran “berdesakan” yaitu KRL ekonomi Bogor-Jakarta. Segala desakan dari belakang gw yang mau merebut posisi berhadiah yang gw menangkan itu, gw tangkis. Ngedesek dikit, tanpa ampun gw sodok dan gw injek kakinya, hahaha! Temen gw, sesama pejuang KRL, pun melakukan hal yang sama dan tetap nyengir kemenangan membayang di wajahnya.

Nunggu ditunggu, ada beberapa bule tua (benar-benar berusia TUA!!) seliweran sambil men-cek kualitas sound, nyetem ulang gitar dan bass, dan program ulang Apple milik Kilmore. Gw berani bertaruh kalau kakek-kakek itu usianya diatas 55tahun semua. Tapi aiiih, mereka berjiwa muda sekali yaa? Yakin deh, mereka jarang kena sakit flu, hehe.

Namun, sering-sering bapak-bapak tua itu muncul, gw makin il-fil. Sampe gw bilang sama temen gw, “ini masih taon 2008 kan? Brandon cs masih 30something kan??”, hahaha. Mungkin, hanya sekitar 3 orang roadies mereka yang masih ‘muda’.

Jam delapan teng!
Udah mulai?
Belum. Masih nyetem, masih bolak-balik (kakek-kakek ituu). Masih juga gw dan temen gw menikmati musik 80an yang disetel buat nenangin penonton yang udah gak sabar.

8.30 PM
Dan stage pun digelapin, bikin smua orang panik bin heboh ngedesek. Lagi-lagi, saran gw cuma satu buat para pendesak itu: “jangan pernah berurusan dengan warga KRL! You won’t get a chance!!”

Saat gitar merah itu diraih dan dicabik oleh Mike, gw pun terbangun. It’s not a dream anymore hunny, your dream has already come true.

Lima laki-laki itu benar-benar ada di depan mata gw! What more could I ask?!

Brandon muncul dengan potongan rambut yang udah panjang (yippii!!! Potongan gini nih yang gw demeeeenn!!!), berkemeja kotak-kotak hijau (that shirt agaiiin???), lengan buntung tipis putih yang gw rasa dia punya satu kodi dengan potongan di bagian samping begitu melebar hingga menunjukkan keindahan lekuk tubuhnya, dan skinny jeans (damn! skinny jeans does only look sexy on him. hanya Brandon Boyd yang bisa begitu, sadarlah para laki-laki! Sebelum kalian make skinny jeans, NGACA dulu, punya badan secanggih Brandon gaak??)
Jose langsung ngandang dibalik perangkat drum, dengan topi dan kaos putih polos, mungkin dia pinjem sama Brandon? Ato tuker-tukeran?
Kilmore, standar, kaos item berlogo miriip NBA (baseball itu yaa??)
Ben? Bercelana pendek dan kaos hijau pupus.
Yang syaik... Mikey bercelana panjang kaen abu-abu dan kaos item bertulis “I (heart) Jakarta”...aiih!!

Entah, tapi sepertinya malam kemarin, gw lupa kalo Incubus konser buat ribuan orang yang ada di gedung dingin itu. Rasanya, Incubus hanya ngonser buat gw, dan Mike bermain gitar hanya untuk gw. Kenyataannya, saat dibagian lain front row terlibat kehebohan dengan saling dorong dan rebutan kamera digital sama security-nya, gw dan temen gw anteeeenggg buanget, berdua berdiri memeluk besi pembatas dan mengagumi kehebatan aksi panggung Incubus.

Yang lucu, saat itu gw gak sadar lingkungan, tepatnya gak sadar sama orang yang berdiri di depan gw, saking terpakunya sama Brandon Boyd yang tampil sederhana. Gw gak sadar karena ternyata, seorang Mike tengah memperhatikan gw. Well, gak mau ge-er sih, tapi kecuali mata dia juling, gw berani bertaruh dia memainkan gitar itu sambil memandang gw dan temen gw. Mungkin dia sedikit amazed dengan kemampuan gw berdiri tegak, sesekali menggoyangkan tubuh sambil merem melek kayak orang kerasukan ato abis nyimeng, menikmati 2 lagu pertama mereka, Quicksand dan A Kiss To Send Us Off.
Begitu menyadarinya, gw pun tersenyum pada Mike dan... dibalas. Walau hanya tipis. Maklumlah, sejak kapan sih ksatria bergitar itu jadi center of attention on the stage dengan jijingkrakkan kiri kanan? Paling banter nginjekin pedalnya trus jalan ke tengah dikit, trus balik lagi ke posisinya, tenggelam dalam kemasyukannya nyayatin senar. Very cool.

Tapi, dapet tatepan dalem dan seulas senyum tipis dari Mike, sungguh melampaui impian gw.
Entahlah, apakah muka gw akan tetep keinget sama dia the moment he stepped backstage atau entah juga apakah dia emang natep gw dengan fokus ato malah lagi ngelamun dan ambil objek terdekat untuk ditatep kosong, gw gak peduli. Yang penting, GW BERTATAPAN 4 MATA DENGAN MIKE EINZIGER!!! Bisa dibayangkan ituuuww??? Keberuntungan keberapa tepatnya? I didn’t count anymore!

Tempo musik gak berkurang sedikit pun dan energi mereka, terutama Brandon Boyd, gak kedodoran setetes pun. Bahkan suaranya gak sedikit pun serak ato fals ato lewat not. Semuanya, exactly seperti yang kalo didenger di album rekaman, hanya dengan banyaaaakkk improvisasi dan teriakan.

Peak experience dalam aksi panggung konser itu buat gw adalah saat Brandon Boyd mencopot seluruh baju yang ia kenakan. Pertama, kemeja kotak-kotak hijau yang sudah dia pake sejak di Australia (notice dari situs fans club terbesarnya), setelah beberapa lagu, dalaman putihnya pun dicopot. Membuat sekian ribu cewek mau mati terserang wabah yang sama bernama horny, hahaha!!!
Kalo copot baju aja sih, biasa (walau gw tetep melting hanya melihat Brandon berdiri pose dengan mike), yang gak biasa, saat dia mulai menggerakkan tubuhnya, meliuk-liuk, dengan wajah yang sepertinya sedang orgasme, hehe..
Gak salah deh kalo dia gw sebut sebagai “The God of All Gods” (Dewanya para dewa, gitu), dan gw membuktikannya semalam.

Kalo dibilang Incubus adalah band super ramah, percayalah, gw pun membuktikannya semalam, saat gw dan temen gw secara desperate manggilin Brandon buat nyamperin sudut kiri itu, dengan tenang sambil cuap cuap, dia tersenyum, mengangguk, dan benar-benar menghampiri!!! Gw panik, antara motret dia ato merhatiin dia, alhasil secara menakjubkan gw melakukan keduanya, ha!! Pake bersimpuh-simpuh segala lagi si Brandon, bikin gw makin screamless dan hanya terbengong-bengong mendapati aksi panggung itu. Gak hanya sekali, tapi beberapa kali dia menghampiri sudut kiri dan berlaku begitu. Aiiih....

Kelar lagu Megalomaniac, perasaan gw gak enak. Buru-buru natep Mikey, entah untuk apa karna toh gak akan nyegah apapun yang akan mereka lakukan. Benarlah, mereka pun menghilang. Mikey, sempat ngelempar pick dia ke penonton yang langsung diserbu. Gw pun panik, natep dia dan menengadahkan tangan, memasang tampang memelas dan bilang tanpa suara, “want too”, Mikey natep gw yang berlaku begitu namun tetep melangkah meninggalkan panggung.

Kurang dari lima menit (yang kerasa kayak sejam) kemudian, mereka muncul lagi. Encore.
Stellar, itu tebakan gw, dan benar. Aiiih... how do you do it? makes me feel like i do?
I need you to be inside of me Brandon!!!
Dan di lagu ini, seorang groupie melempar BeHa-nya. Ampyuun. Brandon cuma cengir-cengir sambil mungut BH (entah ukuran berapa) itu.
Mikey, kembali melempar pick ke area lain penonton, yang bikin gw sedih. Gw hanya diam, bertampang kayak anak kecil dicuri es krimnya, natap dia.

Naah, kejadian itu datengnya di pertengahan lagu Circle, encore kedua.
Saat gw lagi asik goyang, trus fokus moto Brandon, mendadak gw merasa jidat gw terkena sesuatu. Saat gw sadar, pick itu sudah terjun ke lantai yang jaraknya hanya sejengkal dari gw. dan gak ada orang yang menyadari hal itu, karena gak terjadi perebutan parah, bahkan tukang jagal yang bederet itu pun gak sadar!! Panik, gw minta tolong sama security untuk ngambilin, apa yang terjadi? He kept it for himself. Gw natep kejadian itu tak berdaya dan tak percaya. SIALLLAAAN!!
Sepertinya Mikey tahu (sok tau gitu gw, woooii!! Ngayalnya jangan kelewatan kkeekk!).

Di encore terakhir, mimpi gw lengkap rasanya saat gw melihat sebuah sitar diulurkan pada Mike, hampiiir gw menangis. Buat gw, setlist Incubus akan lebih lengkap kalo Aqueous Transmission yang menutupnya. Dan doa gw, terkabul (lagi!!) Aduuuh, Mikey with sitar? Damn!! Only one word: SEXY.

Saat lagu belum berakhir, mereka pamitan. Brandon keluar pertama, disusul Ben. oooh, so obvious. Gw sudah menebak begitu. Tipikal mereka deh. Sebeluum keluar, Mikey melakukan satu hal yang bikin gw terharu. Meraup koleksi pick-nya dan melempar semua tepat di depan gw dan temen gw, gak jauh-jauh!! (Berharap gw dapet, Mike?? hehehe) Terjadilah kerusuhan, gw maksa mas-masnya dan mungkin karna jari-jari tangan lentik gw menggoda mereka, sesuatu pun ditempelkan di telapak tangan gw yang terbuka lebar. Buru-buru gw genggam erat dan tak gw buka sampe gw yakin sekitar gw aman. Gw menatap Mikey dan tersenyum, walau orang yang disenyumi sudah melangkah ke balik panggung.
Thanks Mikey!!!

Saat gw buka telapak tangan kanan gw, sebuah benda tipis berwarna hijau tergeletak tak berdaya disitu. Di kedua sisinya, ada tulisan. Disisi satu, nama “Michael” dan smiley. Di sisi lainnya, cetakan incubus dunlop tortex.
Pick itu, gw terus genggam, sampai gw duduk nyaman dan aman dalam salah satu armada si burung biru.

Sumpah!!
Cuma ada satu kata untuk menggambarkan kekuatan vokal Brandon Boyd: FLAWLESS.
Dan aksi panggung Incubus? Amazingly SPECTACULAR.
Soal setlist, sayangnya gw gak bisa apal mati urutan lagunya. Keputus-putus diingatan yang mana duluan. Dari 17 lagu, Alhamdulillah, gw lulus ujian, hehe. Maksud gw, gw fasih sampe ngikutin tereakan Brandonnya. Ckckck... apa yang bakal ditulis di buku catatan Malaikat di kanan dan kiri gw? Mungkin begini...”Niken: lebih apal tereakan Brandon Boyd kebanding Ayat Kursi”... ckckckck....

Satu lagu yang sebenernya gw tunggu dari Light Grenades, Pendulous Threads ato kalo engga Rogues. Tapi, sampe tutupan layar, salah satu dari dua lagu itu tidak muncul. Hiikk...

Mimpi menjadi kenyataan, adalah suatu berkah tak terduga. Namun jika kenyataan jauuuuuhhh melampaui indahnya mimpi? Sepertinya melebihi berkah. Super berkah?
Itulah yang terjadi kemarin malam di konser tak terlupakan seumur hidup (kecuali kalo gw mendadak terserang amnesia), Incubus Live In Concert.

Gallery konser (baru sebagian, yang laennya ntar gw upload di flickr ajalah^_^):





dan gw, bersyukur sekali, Incubus datang saat ini. bukan karena saat ini gw udah kerja dan punya duit sendiri...tapi karena saat mereka sudah berada dalam satu bentuk yang terkadang menimbulkan kekecewaan di kalangan pecinta musik rock, suatu bentuk yang disebut kedewasaan.
PUAS gw dengan penampilan kemarin. sangat.

...thank you so very much Incubus...
_______________________________________________________________

Sudah lebih dari 12 jam berlalu, tapi sampai detik ini, gw masih belum bisa melepaskan seulas senyum lebar di bibir gw, entah sampai kapan senyum ini akan memudar. Tangan gw, masih gemetar dan dihadapan gw, masih berserakan benda-benda yang begitu bersejarah dalam hidup gw, yang tidak bisa ditukar dengan uang berapa pun dalam jenis mata uang apapun, kecuali dengan kesempatan menikah dengan salah satu personil Incubus, ha3.

Setlist (hasil contekan incubus-online)
Quicksand / Kiss To Send Us Off / Wish You Were Here / Nice To Know You / Anna Molly / Drive / The Warmth / Vitamin / Favorite Things / Are You In? / Pistola / Talk Shows on Mute / Sick Sad Little World / Megalomaniac // Stellar / Circles / Aqueous Transmission

3 comments:

  1. kemarin itu beneran ya ken??
    hiks...
    bravo incubus!
    mike, bless those hands..!
    brandon, can you be even more sexier?
    (lethal view it is..)

    trnyt bisa survive jg kita ya?
    Bachelor degree from KRL university, hehe

    at some point gw smpt khawatir u'll be loosing control, hehe, ber-manuver dan ber-evolusi jd groupies2 itu..
    minimal nangis2 histeris gt hehe..
    tp trnyt justru gw yg tiba2 kesambet dan jd ga waras ;p

    nice review, lebih memuaskan dr yg gw cari di any online sites hari ini.. ^_^

    we did it ken!!
    we finally did it!!!
    ^_^V

    soal senyum, biarkanlah...
    gw jg dikira org gila hari ini, scr stok cengiran gw hari ini ga abis2, hehe
    ga sengaja gw screaming di deborah td pg over a simple question on the phone "how's incubus yesterday?"
    AAAAYYYY!!!!
    I LOVE YOU!!!

    next project ken, LARUKU!!
    wink wink.. ;)
    hyde-kun...!!!

    ReplyDelete
  2. waaw..sound exciting.
    kebayang banget euforianya.

    fun..fun..fun..

    can't wait for buble.
    haha.

    ReplyDelete
  3. @ DEE
    hmm...
    dan gw terlihat seperti orang gila saat berangkat ke kantor! di tengah desakan warga KRL yang begitu barbarian, gw berdiri dengan antengnya, tersenyum lebar menatap keluar jendela daaan... menyanyikan lagu2 konser semalem. benar2 menyanyikannya!!! HAHAHAHA

    sepanjang long wiken, kerjaan gw cuma mandangin poster, tiket, pick dan tersenyum super lebar... aiiih.

    yaampun..
    mungkinkah LARUKU akan menyaingi kedashyatan Incubus? gw sedikit ragu sih, tapi tetap jalan terus tanpa mau mundur.

    mari... kita menabung yang rajin. okeeh??

    soal gw bertransformasi menjadi grupis, itu juga gw takutkaan. tapi mgk krn gw tll fokus, smp lupa! bahkan air mata pun gk bisa ngalir. semua emosi udah meluap dan menguap dibakar api ledakan 'Light Grenades' aiiih...

    bravo Incubus!!!
    thank you Incubus!



    @ BLUE_CAT

    semoga menikmati juga d konser buble deeh. tp mgk euphorianya beda sama gw yaa?? hahaha

    klo gw dapet pick-nya, lo di konser buble dpt apanya dong? pianonya?? tuts pianonya kali yeee ;P

    ReplyDelete