Monday, July 17, 2006

brewtiful coffee



Baru menyadari kalo koleksi kopi bubuk di rumah mbludak. Kemaren dari bali, bawa 3 pak kopi, dari lampung kakak gw bawa kopi juga dan beberapa waktu lalu, temen gw kasih oleh-oleh (well, gw paksa ngasih sih,hehe) kopi bengkulu. Walaahhh…

Tapi emang paling gampang sih kasih gw oleh2, kasih aja kopi bubuk, gw gak akan protes keras2 dah.

Coffee maniac? Coffeeholic? Coffee-psycho??

ehm… enggak juga. Gw hanya penikmat segala yang happen to be juga menyukai kopi. Sejak sma sih tepatnya. Tapi dulu sebatas kopi instant dan kopi liong bulan (ini kopi beken di Bogor, btw. Pabriknya di merdeka trus wangiiii banget. Kopinya enak loh!) yang dicampur sedikit susu, nemenin diri berkutat dengan soal2 latihan jaman menjelang EBTANAS/UMPTN.

Dulu, minum kopi pun gw harus rebutan sama seekor cicak gemuk yang gw piara (benernya dia yg demen bersembunyi di balik poster itu sih) di kamar gw. Yah, emang kagak sampe abis sih tuh cicak minumnya, tapi cukup membuat perutnya membuncit. Lumayan hiburan ditengah kebuntuan otak meracik rumus katrol dan teman-teman sialannya itu.

Masuk kuliah, gw mulai addict. Walau lagi-lagi masih kopi domestik sih. Tapi dikonsumsi tidak hanya pas menghadapi ujian apapun itu namanya. Mulai menikmati kopi tanpa maksud untuk begadang.

Begitu kerja, kegilaan gw akan kopi mulai menghantui hidup. Sebenernya mungkin sejak gw menganggur menanti panggilan kerja gw mulai menjadikan kopi pengganti teh manis di pagi hari dan yang menyenangkannya, setiap kali abis minum kopi, rasanya pikiran gw terbuka dan ide demi ide untuk menulis mengalir begitu deras tanpa harus kelelahan memerah.

Begitu Starbucks buka, seneng banget. Soalnya dah sering denger cerita temen gw yang di England dan berkoar-koar tentang nikmatnya kopi Starbucks. Begitu nyoba? Komentar pertama: “gini toh”. Yah, gak ada beda dengan kopi2 kampung sih, lebih strong kopi kampung malah (gw suka bilang kopi Starbucks tuh kopi gadungan,hehehe. Tapi tetep demen klo dapet gratisan mah!). Cuma, mungkin cara pengolahan, variasi dan nama2 kopinya, plus tempatnya yang cozy dan ‘nama’ brandnya aja yang keren yang bikin orang come and go ke warung kopi yang satu itu. Yah… minum kopi seharga 40rebu klo bukan karena Prestige apa lagi sih?!?!

Kalo mau cari kopi yang bener2 kopi, aseli bukan gadungan, cari di daratan Sumatera dah. Sumateran Coffee gitu nama kerennya. Dan diakui sedunia kalo kopi dari daratan ini emang yang paling strong (secara nonton di suatu film yang nyebut2 kopi Indonesia adalah kopi yang paling strong, gitu).

Terbukti sih memang. Selama ini gw kalo dapet kiriman kopi dari Lampung, senengnya bukan maen. Pasti duluan dibuka. Biasanya, biar gw kga terlalu addict, nyokap tanpa ba bi bu ato minta ijin gw, mulai membagi kopi itu ke tetangga-tetangga dan hanya menyisakan satu jar kecil khusus buat gw. hu-uh!!!

Kemaren, begitu dapet kopi dari bengkulu, langsung dikonsumsi dan PLAAAKKK!!! Nampar banget ni kopi!!!
Seharian penuh gw kga ngerasa ngantuk atopun letih. Sampe temen gw bolak balik nanya: “Badan lu kaga sakit2 put? Loe kga ngantuk apa put?!” Secara seharian kita berdua kga ada istirahat2nya. Hehehe. Nice dopping then!

Pagi-pagi, paling enak memang minum kopi sambil makan donat J.Co (apalagi kalo gratisan!) ato kalo lagi apes, pake gorengan. Terus mulai membaca deretan imel yang masuk ke inbox, lalu memerah otak dan menarikan jari jemari di atas keyboard kompie demi sebuah cerita untuk di-post dalam blog (pribadi maupun kantor).

Yang menarik dari kopi, aromanya yang khas dan rasanya yang pahit keras tapi meninggalkan rasa manis yang lembut di akhir sisipan.

Orang selalu menganalogikan taste hidup dengan kopi. Karena mungkin memang seperti itulah hidup: pahit namun pada akhirnya menjadi begitu manis.






biji-biji yg selalu membuat diri ini 'melayang'
_______________________________

pagi ini minum lagi kopi flores (ini kopi yang ngabisin gw doang ye???heraaan!) yang agak sedikit asem dengan kadar pahit yang cukup ngena. Tapi after-effectnya tidak se-dashyat kopi Sumatra sih (buktinya gw kerap kali dibuat ngantuk setelah mengonsumsi cairan hitam ini!)


1 comment:

  1. Gak ada yg lebih nikmat dari kopi item kampung di pagi hari, ntah darimanapun, dgn komposisi 1 banding 1 ama gula, ditemani rokok dan lawan bicara yang menyenangkan...tambah donat strawberry frost juga deh...oh iyaaa, kopinya dibikinin!!! hehehe

    ReplyDelete