Monday, May 21, 2007

EMO: dicaci tapi bikin nagih


[bila orang awam merepet soal musik... ^_^V]

Sampe detik ini, gw gak pernah peduli tentang genre musik. Mungkin ini karena sisi ketidaksukaan/keantian gw akan kata label yang bikin gw gak gitu peduli.
Makanya, kalo ditanya “lo suka genre musik paan?”, nah gw bingung jawabnya paan. Secara, sebagaimana makanan, gw tergolong ‘penyantap’ segala, termasuk musik. Emang sih, kalo dangdut, keroncongan, ato campur sari, gak pernah sampe ngelotok merhatiin musiknya, tapi kalo bokap gw lagi nyetel itu di rumah, gw sih asik-asik aja ikut mendengarkan [walau gak sampe menikmati dan soon after that, I just don’t even remember it]

Anyway, beberapa waktu lalu, gw terlibat dalam satu pergulatan mengenai genre musik. Seseorang bersikeras band yang sedang dibahas ada dalam genre musik EMO. Sementara yang lain protes dan menggolongkannya pada simply just a ROCK music, karena bagi dirinya, EMO sucks. Dan, mulailah perseteruan tanpa ujung soal genre musik EMO-rock itu. Yang satu bilang EMO sucks [entah kenapa] dan yang laen bilang EMO is a phenomenal [well...].

Lalu gw? Hanya celingukan dan mengerutkan kening, lalu memutuskan untuk membiarkan mereka ribut sendiri.

Hal ini sebenernya gak jarang ditemuin [baca: pen-denial-an soal EMO]. Banyak banget band yang menolak disebut genre musik EMO dan lebih milih untuk dimasukkan dalam genre ROCK atau INDIE atau PUNK. Para fans dari band-band itu pun bersatu padu untuk memperjuangkan label band mereka untuk keluar dari genre EMO.
Intinya, mereka rela dimasukin kemana aja, asalan bukan EMO. Amit-amit deh EMO, najis!! [begitu mungkin menurut mereka]

Gw sendiri gak ngerti kenapa genre EMO itu begitu dibenci dan disebut musik yang lame, fags, mencoreng, dan segala stigma lain yang mengikutinya lah.
Mungkinkah karena terdengar 'mellow' dan ‘kuping-cewek-friendly’ banget [makanya fansnya juga banyak ceweknya]?? Ato gaya dandanan EMO yang mostly gothic juga cenderung ‘girlie’?? Ato simply karena terlalu mengatasnamakan emosi yang meletup-letup??

Entahlah.

Intinya, EMO dijauhi, dibenci dan diharamkan [kasian banget yaa??]. Agak rancu aja. Music is universal, bilangnya gitu, gak kenal diskriminasi.
Tapi buktinya??? Diskriminasi banget gak sih? Apalagi kalo gak mau diklasifikasikan pada genre tertentu hanya karena stigma yang menempel erat di judul genre itu, bukankah??

Sebenernya genre musik EMO tuh seperti apa sih? Terlepas dari faktor eksternal yang mengikutinya ya, macem dandanan gothic gitu [kadang, malah suka iri sama laki yang begitu luwes menggariskan eyeliner ato nyapuin eyeshadow, ckckckck... it’s kinda HOT thou, ;p]
Setau gw, EMO itu singkatan dari EMOtional. Disebut begitu karena musiknya dipenuhi dengan luapan emosionalitas yang tinggi [rasanya kalo dengerin musik mereka, seluruh emosi terserap habis sampe ke tulang, gitu]. Mayoritas sih lagunya tergolong dalem plus gelap [ya liriknya, ya musiknya, ya cara nyanyinya], makanya emosi yang keluar biasanya emosi negatif [pain, hopeless, despair, lost, suicidal, broken, etc.] tapi gak jarang juga bercerita tentang cinta [falling in love, lust, etc.]. Kalo dipikir-pikir sama aja kayak musik ROCK laen bukan?? Cuma, mungkin bedanya, musik EMO itu lebih.... ‘jinak[yeah, seperti gw bilang, ‘kuping-cewek-friendly’].

Kalo gw, nyiriin musik-musik begini itu yang kalo vokalisnya nyanyi, itu saking emosionalnya sampe teriak melengking menyuarakan emosi yang dia rasain [tanpa intervensi rap/R&B tapi ya, purely ROCK]. Pokoknya lengkingannya bikin loe bahkan pengen ikut teriak dan kesakitan deh [ini yang emosinya negatif ya]. Biar gitu, gak asal teriak loh, tapi ada melodinya. Melodrama?? Begitulah... [susah ya ngegambarinnya]

Intinya sih begitu.
Gw sendiri gak jelas ini genre muncul kapan, gimana dan kok iseng banget nyiptain genre beginian, saking kagak ada kerjaan laen apa ya? Ato emang karena sifat manusia yang suka banget nempelin label dimana-mana saking udah keabisan kaleng/jar, hehehe. Alhasil muncullah genre ini di klasifikasi ROCK-music.

Gw sih gak peduli genre paan musik yang gw dengerin, selama itu emang enak and enjoyable, bukan?
Lagian, musik mana sih yang gak pake emosi? Selama yang nyanyi masih dalam spesies manusia, pastinya nyanyi pake EMOsi dong?? Lagian, pengklasifikasian yang aneh kan? Hehehe...

Band yang masih rela diklasifikasikan ke EMO sepertinya tinggal Jimmy Eat World ato Dashboard Confessional. Sementara yang laen udah berlomba-lomba memperjuangkan dirinya digolongkan dalam genre 'musik lain-lain', hehehe.
Padahal, biarin aja ya, selama dia gak digolongin ke popicisan macem Paris Hilton gitu looh [hahaha! Udah total silang genre itu mah ya??]

Apapun itu, pada kenyataannya, musik-musik rock yang dipenuhi dengan luapan emosi dalam melodi kegelapan [pake teriak-teriak kesakitan gituh] sepertinya lagi merajalela di seluruh pelosok dunia [terutama Amrik sih]. Hampir semua band rock menggusung aliran beginian [ato ini yang kebetulan gw denger aja ya??], dengan catatan yang harus digaris-bawahi tebal-tebal, bahwa mereka bukan EMO [whatever... rolling eyes MODE: *ON*]

Ini jadi bukti kalo biarpun EMO dibenci, dicaci dan didiskriminasikan eksistensinya dalam aliran musik rock, tetap musik jenis beginian bikin nagih. Benarkan gw bila salah... admit it, you do enjoy the sound TOO right???

Well, nikmati sajalah selama musik beginian masih menjamur. Mungkin, suatu saat, bila musik ini udah jadi antik dan fosil, baru band-band itu berlomba-lomba memproklamirkan bahwa mereka adalah penggusung genre musik EMO... [yea rite]


“Jadi intinya, lo suka EMO gak?”
Itu yang jadi pertanyaan temen gw.

Well, what can I say? I do enjoy listening the sound-like, but I neither say like it nor hate it. I said, I listen. Okay? Got the picture of it already? Nice...

Pretty enjoyable anyway kok...

___________________________________________

[on ears] The Bird and The Worm.by.The Used (termasuk band yang ogah banget disebut EMO)

1 comment:

  1. yh,,kLo Q c sTuJu" aJa,,
    (pa lagi Q jga cma dengerin msk ynk enak didenger en enjoyable)
    tapi apa c ynk bkn EMO bgitu dibenci?
    thx

    ReplyDelete