Wednesday, March 25, 2009

The Traveler’s Journal 3rd Volume “Enjoy Asia”Part 4-Hongkong: Mencicipi taksi Alphard dengan Supir Stress dan Malam Pertama di Hongkong

Satu jam lebih lepas dari ferry terminal Macau, kami pun sampai di HK China Ferry Terminal di daerah Tsim Sha Tsui. Urus-urus imigrasi dan lain-lain, selesai dalam waktu setengah jam, lalu bingung cari taksi stand. Ternyata musti naek turun segala, wah ribet dah. Beda sama waktu gw turun di Shun Tak Building di Hongkong Island yang menurut gw cukup dekat dengan stasiun MTR.

Begitu sampe di taksi stand, entah bagaimana, gw ditarik bapak-bapak Cina (yaiyalaahhh Cina!!!) yang gw pikir adalah petugas taksi situ. Gw digeret ke deretan mobil dan ada Alphard silver nangkring disitu. Gw bingung juga, kenapa gw ditarik kesini. Si bapak itu dari tadi bilang, “untuk 7 orang pake mobil ini”, gw pun baru ngeh kalo dia bukanlah petugas taksi. SIALAAAN!!!

Terjadi keributan sebentar dengan bapak-bapak itu. Ulang kali, dia minta gw nunjukkin alamat hostel itu, lalu dia mau nelponin si hostelnya. Ya gw nunjukkin kertas bookingan itulah. Dia nyuruh gw ngediktein nomer telponnya, in Chinese, gw udah bilang, “I don’t speak Chinese! I’m not Chinese!” tapi itu bapak keukeuh dan ngomel-ngomel pake bahasa Cina. Bolak balik nelponin ke hostel, lalu nyuruh gw ngomong sama orang hostel itu (yang ternyata gak bisa bahasa Inggris), gw kasih ke si bapak-bapak itu, dia nyerocos terus, tetep mikir gw orang Cina. Sumpriiit!! Segitu Cina-nyakah gw?!?!

Hampir setengah jam dah gw mo mate nego sama ini bapak-bapak gila satu! Alhasil diperoleh biaya 130$HK untuk nyewa mobil itu ke Sincere House, tempat hostel kami bertengger. Tadinya dia nawar 200$HK, gantian gw yang marah-marah. Soalnya kalo diitung-itung, sama juga sih, naek 2 taksi kena biaya 50$HK-an, dua taksi seratusan juga. Yasudlah, itung-itung yang 30$HK itu biaya nikmatin Alphard as a taxi, hahaha!!

Ada kejadian lucu lagi. Ini bapak-bapak emang stress ato gila beneran, gw juga gak tahu. Pertama, soal bagasi, itu gak boleh naro barang sebelum dia melapisinya dengan karton bekas dus. Busyet, OCD nih?
Lalu pas mo naek, itu dia nentuin siapa yang duduk di belakang, di tengah dan di pinggir. Temen gw yang mo naek duluan aja dilarang dan dia bilang, “Kamu gemuk, kamu gemuk!” (pake bahasa Indonesia, setelah tahu kami dari Indonesia), ealahhh, emang knapa klo gemuk? Ampyuuunnn...

Sepanjang jalan dia ngebanggain mobil Alphardnya itu.. “new car! You know? New car! New car, no money!
Hee?? Maksud looeeh??
Selaen itu dia juga tereak-tereak, “Indonesia! Indonesia makan nasi. Capek deeh.
Klaaannggg!!!! ~,~”

Setelah gw terus-terusan nanya, “are we going to Mongkok?
Barulah si supir gila ini menyadari kalo gw mulai curiga, dan dia pun mengarahkan mobil ke daerah Mongkok. Setelah melewati kemacetan gila-gilaan, sampe juga di Sincere House, tempat dimana Dragon Hostel berada di lantai 7 gedung itu. Lagi-lagi terjadi kericuhan saat menurunkan barang. Dasar Gila!

Sampe di dalam gedung dan baca nama penyewa gedung itu, benar-benar mendapati kalo Dragon Hostel ada di gedung itu. Denger nama Dragon Hostel aja, gw udah gak mau ngebayangin yang enak-enak, secara kali pertama gw ke Hongkong dan tinggal di Mirador Mansion di kawasan Tsim Sha Tsui, hostel yang ditempati sangat jauh dari apa yang disebut proper. Haa... apalagi ini?

Begitu lift terbuka di lantai 7, gw sudah disambut dengan papan penunjuk “Dragon Hostel Office” dengan anak panah ke kiri. Waah... official office nih?
Masuk ke ruangan seluas 4x4 meter persegi, kesan yang didapat adalah bersih. Di ruangan itu ada sofa, kulkas minuman dingin, 2 unit komputer berinternet GRATIS, dan meja resepsionis. Ada mba-mbanya disitu, lalu gw pun check in lah, dengan harus membayar sisa perlunasan secara cash. Aiiih.... makin berkurang aja ini dollar Hongkong, haha.

Lalu kami pun digiring ke kamar-kamar yang sudah dipesan. Kamar pertama yang diisi oleh 2 orang teman kami, terletak di satu flat berisi beberapa kamar dengan ruang duduk yang telah dilengkapi lemari es dan deretan termos air panas.
Is it for free? The hot water?” pertanyaan gw diiyakan oleh si mba-mba itu.
Waaah... menyenangkan!!

Dan kamar kedua, yang dihuni oleh 4 orang, terletak di flat seberang, berdisain serupa. Satu flat diisi 7 kamar dengan aneka jumlah penghuni. Kamar kami yang berisi 4 orang dengan kamar mandi di dalam, terletak di ujung banget.

Tapi yang paling membuat gw kagum adalah kebersihan hostel ini. Et daah! Bedanya sama hostel yang dulu gw tempati. Biarin aja saat melangkah masuk yang kecium hanya aroma bayclin, yang penting bersih dan rapi.

(suasana flat dan pojokan ruang tamu flat yang dihiasi buku dan testimoni. ada sofanya juga!)

Kamar pun biar modenya barak tetep rapi dan kamar mandinya, masih ada space sedikitlah untuk benar-benar mandi, hihi.
Gw dapet giliran tidur di bagian atas. As I thought.

Saat celingukan liat suasana kota dari jendela kamar, lagi-lagi Kolonel Tua itu melambai dengan genitnya untuk disambangi. Alhasil, sambil liat-liat suasana Hongkong di malam hari dan ngisi perut, kami pun melangkah keluar hostel.

Uwaaahhh!!! Lama banget gak merasakan atmosfir kota yang gak ada matinya ini!! Lalu lalang orang seakan tak ada matinya dan dalam tempo yang begitu cepat mereka melangkah. Lengah dikit aja pasti deh ketabrak dan dijutekin orang sekampung.

Oia, dalam perjalanan ke rumah Kolonel Tua itu, gw merayu temen gw yang non Muslim untuk mencoba mencicipi aneka gorengan babi di deket hostel itu. Pasalnya, dari dulu gw penasaran sama rasanya, kalo temen gw nyicipin dan cerita rasanya kayak apa, gw udah berasa ikut ngerasain, haha.
Tapi gw juga dibeliin tahu goreng versi Hongkong sih, walau minyaknya abis goreng baso babi, hahaha! Mau tau? Harga satu potong tahu goreng di Hongkong berapa? 5$HK!! Ayayayay.... dan rasanya? Aneh! Karena dipakein bumbu tauco gitu... iiikh, sebagai penggemar tahu, gw merasa kecewa walau untungnya gak ngeluarin uang 5$HK sih, haha!

Sampe di rumah Kolonel Tua itu, kebingungan melanda. Makan paan yee?? Kalo gw bukan masalah sama rasa, halal (secara Muslim gadungan?hahah!!!) ato banyaknya. Yang gw peduliin cuman satu: HARGANYA, hahahaha!!!! Rata-rata 29an dollar, bikin miris dah. Tapi akhirnya dibeli juga sih, untuk dimakan berdua.

Setelah itu, kami pun menyambangi Ladies Market yang jaraknya cuman sekian meter dari hostel. Temen-temen gw udah mupeng dengan segala jualan yang bertebaran disitu.
Sampe di kios kaos, ditulis besar-besar 100$HK untuk 5 biji. Temen-temen gw udah pada mupeng, sementara gw cengo ngeliatin disain-disain bajunya.
Mendadak mba-mba jualannya menggamit gw dan bilang, “for you, I give 95 dollar for 5”.
gw mengangkat kedua alis heran, “95?” (maksudnya sih, gw heran kok bisa? gitu)
Eh, dia malah mengibaskan tangannya, “okay lah, 90 for 5 pieces
Gw terpana dan tanpa mikir, temen-temen gw pun berlarian milih kaos.
Sementara gw masih aja bengong ^^

Setelah menyusuri Ladies Market, sampailah di jalanan yang penuh makanan. Tentu saja, menu utama adalah babi dan bebek yang bergelantungan di etalase. Seperti gw bilang di part sebelumnya, yang namanya Hongkong itu, tempat yang selalu penuh sampe antri adalah restoran. Itulah yang jadi pemandangan sepanjang jalan itu, semua resto PENUH manusia. Ccckckkk....

Salah satu suami temen gw udah merengek-rengek minta makan bebek, gw pribadi sih gak masalah. Sok aja, pilih salah satu dan masuk, lalu pesen (tapi gw gak mo makan, karna gw gak punya duit, hahaha!!!) gak susah kan? Perkara halal ato enggaknya yah.... udah pasti kagak lah.
Kalo gw sendiri udah punya referensi makan bebek halal di daerah Wan Chai, hanya saja untuk ke daerah Wan Chainya yang agak riskan kalo malem-malem karna gw belum kenal daerah itu. Jadi untuk memuaskan napsu bebek gw, gw memilih untuk menerapkan delay gratification pada napsu gw itu.
Sepanjang jalan di kiri kanan dihiasi dengan resto babi bebek yang penuh pengunjung, dan sepanjang itu pula temen gw itu merengek. Hhh.... *sigh*

Anyway, setelah puas keliling, kami memutuskan untuk balik ke hostel untuk istirahat dan tidur. Gw udah wanti-wanti untuk siap besok jam 8an pagi untuk perjalanan ke Giant Buddha.
Di hostel, temen gw ternyata ada yang bawa beras, rendang, kering kentang sama pop mie. Ckckckck... begini enaknya kalo bepergian dengan istri soleha, hahahahaha!!!!
Sebelum tidur, sempet mengganjal perut dengan cadburry dan susu yang tadi gw beli di 711 deket hostel.

Have a nice sleep!!
_________________________________
Bestfriending with the ears: MONORAL – Shenanigans (back to MONORAL I guess^^)


a little note:

Dragon Hostel is definitely a recommended hostel if you're planning to travel Hongkong and stay in Mongkok. not only the room is pretty clean, but it's also closer to Ladies Market and any other markets... just 5 minutes walking distance.

No comments:

Post a Comment