Wednesday, June 27, 2007

Nowadays music? Or dare I [cynically] say… ‘nowadays boyband’?

Era boyband emang udah so-last-years.
Coba aja perhatiin, kancah dunia permusikan tidak lagi diwarnai dengan segerombolan laki-laki usia belia, bertampang imut nan menyejukkan jiwa, yang dipoles sedemikian rupa hingga memiliki kemampuan olah vokal yang melodik dan physically-trained mati-matian supaya bisa bergerak ritmis [baca: nari]. Ato, kalaupun bebel gak bisa nyanyi, bisa nari lah. Kalo pun emang bernasib buruk gak bisa nyanyi dan badan kaku, at least bisa berpose cool dan tetep... terlihat ganteng [terlepas dari apapun itu orientasi seksnya], toh ada teknologi bernama lipsync bukan??

Anyway...
Era itu memang sudah lama menjadi basi.
Terutama sih di Amrik.
Terbukti dari reuni beberapa boyband tidak cukup sukses di pasaran dan cenderung hanya jadi hiasan ala kadar di tangga-tangga lagu dunia. Lalu masing-masing anggotanya pun memilih untuk [sukur-sukur laku] bersolo karir.

Boyband... girlband... whatever you call it, is officially... DEAD!
Di belahan dunia manapun.

Namun, disadari atau tidak, muncul dalam bentuk lain.
Ato, kalo boleh dibilang sih, bereinkarnasi dengan sempurna.

Masih tetep sama sih formatnya.
Terdiri dari beberapa gelintir laki-laki. Berusia belia [DAMN! Youngsters ARE del.i.cious haha!]. Bertampang imut nan menyejukkan jiwa. Memiliki kemampuan vokal yang cukup melebihi tubuh terdahulunya [boyband dulu maksudnya]. Pun masih digila-gilai para perempuan terbukti dengan gerombolan groupies-cewek yang rela mengikutinya kemana pun demi secuil kemungkinan get laid. Pastinya sih masih juga bermusik dan punya titel band yang cukup catchy..

Namun, ada satu hal yang membedakannya..... kemampuan bermusik plus alirannya.

YUP!!
Dulu, boyband yang selaen nyanyi en nari pake maen instrumen juga, itu satu banding jutaan kali.
Dulu sih yang penting tampang, bisa cuap-cuap dan mampu menggerakkan tubuh.
Oh ya, dan alirannya, so pasti... POP [entah itu picisan ato pasaran]

Sekarang?
Boyband jaman sekarang sih, semuanya bisa maen alat musik [multi instrumen malah!], walau minus goyang koreografi, bisa nyiptain lagu, gak lagi bertampang manis dan berkelakuan anak mami, daan yang pasti tidak lagi beraliran musik pop.

Alirannya apa?
Well... you can say it.. alternative/modern rock/punk-rock/pop-punk even a socalled-emo ato buat yang sinis mungkin bakal nyebut bubblegum-poprock... apalah itu nama dan sebutannya, yang pasti musiknya sungguh ears-catchy walaupun berdandan gothic.
Intinya sih, the poppers can also shoe-gazing while listening to their music and the rockers take that as a side-dish or snack like fruit salad or potato chips.

Terserah deh mau protes gimana pun, tapi tetep aja mau gak mau ngaku juga kalo band yang lagi menjamur sekarang ini adalah kamuflase/reinkarnasi dari boyband jaman dulu.

I mean, c’mon guys!!
Fakta membuktikan bukan?
Musik yang ears-catchy [cenderung cheesy malah], mayoritas bertema cinta/relationship [juga], muka yang kamera-friendly, umur yang masih muda-muda, whatelse d’you call them?

Toh, pada kenyataannya secara musikalitas pun mereka gak jauh beda sama boyband jaman dulu, nilai plusnya hanya di alat musik dan kemampuan nyiptain lagu aja [temanya sih sama-sama cinta tapi racikan notasinya sedikit lebih rockin’].
Akuilah, they sux live [okay, sometimes not but most yeah!]
Buy the record, don’t go to any concert unless you got the backstage pass or got someone-else paid you to go or... you are just a [real] groupie.
They surely still need many years of experiences before hitting the word LEGEND [sorry, but that’s the fact].

Ada lagi yang berubah, selain aliran musik dan kemampuan bermusiknya, yaitu.... kelakuannya/Attitudes.

Sekarang sih, kelakuan boyband gak jaim layaknya anak mami. Malah, semakin bad-boy, semakin bejibun groupies yang ngintilin mereka. HIDUP BAD-BOYS!! LONG LIVE BAD-BOYS!!! ^_^V
Malah menurut gw, tampang manis udah gak jaman, yang penting kelakuan BADBOYnya itu. Dandanan lusuh mirip gelandangan gak mandi sebulan ato fully-pale-gothic-makeup? GAK MASALAH!
Semakin lusuh ato semakin gothic, justru semakin digandrungi. Semakin di-groupies-i.
Mau terang-terangan smoking-weed? Chewing-mushrooms? Keluar masuk jail? Semakin bermasalah, semakin digilai kok. Make more trouble, guys! We love troublemakers!
Bahkan yang gak ragu buat saling ciuman bibir [cowok vs cowok, red] ato tampil sensual menjurus seksual pun semakin meningkatkan ratingnya [ini gak mempengaruhi orientasi seksnya ya, kebanyakan mereka straight kok. ato terselubung yak? Hahaha!!].
Intinya, BAD-Attitudes COUNT!!

Well begitulah kenyataannya.
Boyband jaman sekarang memang bukan tipikal boyband anak mami jaman dulu yang menggusung lagu-lagu bikin ngantuk [walau jujur, it’s my biggest guilty pleasure too, ha!]
Yang sekarang ini, mungkin cocoknya disebut... ‘[bad]boyband’, hahaha!!
Ini mungkin karena cewek punya obsesi kencan sama BADBOYS yaak?? Hehehe...

Anak mami... step back!
It’s BADBOYS time! Let’s get W-W-WIIILD!!!

Mungkin kayak gitu sih, “The nowadays boyband”. Entah sampai kapan era ini bertahan. Mungkin pas taon 2010, boyband udah balik lagi ke masa-masa NKOTB, ato berubah jadi aliran metal? Mungkin malah ntar smuanya pake topeng tengkorak? Haha!
Tapi harus diakui.... bagaimanapun bentuk dan musik boyband itu, it’s still an enjoyable music to listen to.
Entah karena emang racikan musiknya yang catchy, muka yang kamera-friendly, usianya yang masih belia ato karena keBADBOYan mereka?

Apapun itu alasannya, still a guilty pleasure indeed!

Thanks to the major who’s clever ‘nuff in building market image, and hypnotizing us to stuck to it... ^_^
Hail to the new [bad]boyband era!


-Sedikit terinspirasi setelah liat live-act beberapa band baru dari daratan yang ngakunya sih... “the freedom land” [apanya yg freedom klo SARA aja msh laku disana?]-
___________________________________
[
on ears] ...System of A Down...
catchy in a brutal way? Exactly!
This is how you call them.
In short?
amazing

(yang pasti sih, biarpun groupiesnya segabruk, mereka sulit dikategorikan boyband… haha! Gak kebayang kan SoAD berpose boyband?? Err...)

No comments:

Post a Comment