Thursday, September 20, 2007

The Traveler’s Journal Part IX: Hongkong – Disneyland “the land to spoil your childhood side”

August 14th, 2007

08:00AM
keluar dari hotel dengan harapan bisa dapet sarapan dan dilanjutkan dengan tukar mata uang Hongkong. Namun apa daya, hujan mengguyur Hongkong. Damn!
And trust me, it’s not an easy thing to find something for a breakfast. Alhasil, masuk MTR, strolling di toko roti Maxim’s dan membeli dua buah roti, trus ke 7eleven buat beli susu coklat dan sebotol air mineral dengan cover seorang artis Hongkong [aiihh.... yah, secara yang paling murah!]

lalu, dimana menyantap sarapan itu? Berhubung gak boleh makan/minum/ngrokok di MTR Station maka, sadly, kita nongkrong di emperan toko yang belum buka dan sesekali diciprati air hujan. Yup! Peduli setan dengan tatapan heran plus pity dari para pejalan kaki yang seliweran di depan kita berdua, hahaha!

Selesai sarapan, segera memulai hari dengan: “Tour de Bank
Seluruh bank dimasuki: HSBC, Citibank, Standard Charter Bank, Bank of China and many more [sampe kelilingin Harbour City Mall buat nyari bank] dan keluar dengan hasil sama: harus bayar deposit! Aiiih.... emang gak gede sih, sekitar HK$50 sekali tuker [sekitar 50rebuan gitu deh], tapi tetep aja gak mau rugi kaan.
Alhasil, nuker juga deh di StandChart yang paling reasonable bayar depositnya.
Lucunya lagi, tellernya gak bisa nulis latin, jadi sedikit gagap gitu. Lagian, knapa juga gak nyuruh gw yang tulis form itu.

09:12AM

officially all set to play hard in Disney... [tepatnya sih, walk hard, hahaha]
duit udah, jaket udah, aer minum udah, topi pun udah.... Octopus jangan sampe kelupaan!!




Oke, rute menuju Disneyland Hongkong yang ditempuh dari MTR Tsim Sha Tsui adalah begini....
MTR Tsim Sha Tsui [line Tsue Wan] turun di Lai King [line Tung Chung] turun di Sunny Bay. Dari Sunny Bay ke Disneyland Resort akan diangkut dengan kereta berdisain Disneyland plus jendela bentuk mickey mouse. Aiiiih... lucu sekali deeeh!!!! Ditambah dengan sofa biru dan miniatur tokoh Disney yang lucu-lucu.

09:44AM

[officially welcoming you to the Disneyland Hongkong]
DAMN!! IT’S FANTASTIC!!!!

Begitu masuk, langsung disuguhi dengan rumah-rumah berisi pernak pernik Disneyland. Iseng-iseng masuk dan liat-liat, sekalian milih2 buat dibawa pulang [tapi belinya sih ntaran pas mo pulang aja].

10:35AM

Makan siang!! Berhubung porsi orang Cina itu gede banget, akhirnya share deh. Satu mangkok nasi plus ikan kakap asem manis plus kering kentang [yang terakhir, tentu bekal dari kampung halaman, hahaha]

10:57AM
ambil Fast Pass The Space Mountain. Gw gak tau ini permainan paan, tapi yang ngantri... alaamakkk!!!! Buanyaaak buanget!!! Jadilah, memanfaatkan Fast Pass yang cara ngambilnya gampang banget. Cari aja mesinnya yang mirip kotak surat dengan tulisan Fast Pass. Just wave the Disney card, lalu muncullah satu tiket. Disitu ada jadwal yg bisa kita masukin tanpa harus ngantri. Make sure loe udah ada di wahana itu sebelum jam pertunjukannya. Dan tiket Fast Passnya jangan sampe ilang ya. Buat ditunjukkin pas ntar ngantri. Biasanya sih, dapet jadwal 1-2 jam setelah loe issue Fast Pass dan ada masa validasinya, misalnya nih untuk pertunjukan dari jam 12.00 – 13.00. Jadi kartu itu bisa dipake buat satu kali pertunjukan diantara satu jam itu.
Jangan ngarep semua wahana ada fasilitas Fast Pass-nya. Setau gw sih, hanya beberapa aja. Infonya bisa didapat di Disney Map ato Information Centre yang ada dimana-mana mejanya dan dijaga sama remaja-remaja yang partime disitu dan begitu ramah.

11:15AM
ngantri di sebuah wahana berjudul “Mickey’s Philhar Magic”. Awalnya ragu, pas tanya ternyata pertunjukan 3D, wah langsung deh tancap gas ikut ngantri. Pertunjukannya kayak apa? Spectacular!!!! Awesome. Period.


00:00PM
Water Parade!!
Berdua lari-lari ke Main Street buat liat parade Disney. Aiiih! Seru buanget! Dan para water-man sibuk menyemprotkan pistol aer ke arah penonton yang memagari jalanan. Seru banget. Gw dan temen gw ikut di belakang parade sampe gerbangnya. Oouuh, pas ada inspeksi juga dari Disney US jadi memang pas lagi jor-joran.




Setelah itu, bertandang ke museum disney. Aiiih... lucunya!




00:45PM
berlari-lari ke wahana Space Mountain daripada Fast Pass-nya mubazir bukan?
Begitu menunjukkan kartu Fast Pass, petugas langsung buka jalan buat kita. Herannya, kok masih aja ada yang ngantri tradisional ya? Segitu udah jelas-jelas ada tulisannya gituloh. Trus ada yang marah-marah gak boleh masuk. Jelas aja, lha wong validasinya dah berakhir. dia dapet jatah maen jam 10.30 sementara sekarang, udah jam 00.30 yaah... wassalam!
Well, whatever.
Ngantrilah kita dan berkali-kali dibuat kesal dengan kelakuan anak-anak yang sumpah, ngeresein buanget! Heran gw, mereka kebanyakan makan belut apa ya? Beberapa kali gw harus menampilkan wajah jutek sekaligus menghalangi barisan anak-anak di belakang gw yang pengen banget nyelak/nyalip. Heran. Susah banget ngantri.

Setelah sekian 15 menitan antri. Akhirnya tiba giliran kita naek wahana itu. Ada keretanya. Kayak rollercoaster. Dan tempat duduk belakang, kembali menjadi sarang kami berdua menikmati perjalanan.

WUIIIIIIHHHH!!!!
SERU!
Ternyata memang permainan yang satu ini adalah rollercoaster. Bedanya, bukan memperpanjang track, tapi meninggikan track. Kereta akan mendaki terus sekitar 60 derajat dengan ketinggian sekian puluh meter dari tanah, lalu meluncur turun dan berputar-putar. Dan yang menegangkan adalah, we have no clue of what the track is like berhubung arenanya gelap total bagai di luar angkasan. Sumpah!!! Sangat menyenangkan.
I love to scream, so I screamt to the top of my lungs... hmmm. PUAS.

Begitu keluar, ada foto2nya. Tapi gak dibeli, abis mahal. Males juga. Tapi pintu keluarnya langsung menuju rumah pernik2 Disney lagi. Dengan banyak sekali tokoh kartun Stitch. Iiih, menggemaskan.

01:12PM
tujuan selanjutnya???? BELANJAAAAAAA!!!
Toko yang dituju adalah toko paling besar yang terletak di dekat pintu masuk. So, kembalilah memerintah otot kaki buat kerja ekstra.
Saking lucu2nya, gw sampe pusing milih benda yang mo dibeli. Tapi akhirnya keluar juga dengan beberapa pernik lucu Disneyland Hongkong plus miniatur Mickey Mouse. Jangan tanya berapa harga per item, karna bakal sakit hati. Saat itu, gw gak mikir apapun. Hanya ada satu hal yang berkelebat dalam kepala: “it’s now or never. Take a shot.

02:30PM
disney’s characters meet and greet and POSE!!!!





03:00PM
strolling around the disney. Tracking the footprints. Capturing every single moment and place. Memorizing them carefully in a little space on the attic.
Menyempatkan diri buat beli sepotong Hongkong Egg tart di Maxim’s [beken sekali toko kue ini di Hongkong] yang rasanya memang enak tapi isinya gak selembut buatan Macau.

04:00PM
saying g’bye to the land. Whispering a wishful pray that i’ll come back again sometime soon.

04:37PM
melepas lelah sekian detik di penginapan lalu berhubung hari ini mendadak akhirnya datang tamu period gw, dan gw [dengan bodohnya] meninggalkan cadangan pembalut di tas yang dititip di Macau Airport, terpaksalah mencari berkeliling toko yang jualan pembalut. Aiih... kok mahal ya? Gak ada yg dibawah HK$20!!!
Untungnya, menemukan toko yang jual seluruh kebutuhan kosmetik dengan harga miring. Termasuk pembalut wanita. Aiiih.. senengnya gw bisa dapet pembalut 10 biji seharga HK$8 sajah!! Oalaaah... indahnya dunia.
Oia, toko ini adanya di Haiphong Road, dekat sama tukang Mango Sago itu, namanya ‘Bonjour’ yang cabangnya dimana-mana.
Dan, kembali makan malam di.... McDonalds! Yup!!! Nanya Kentucky di daerah situ gak ada. Jadi ya sudah... McDonalds it is!

07:00PM
Setelah itu? Straight to MONGKOK.
Tujuan sebenarnya adalah belanja di Ladies Market yang terkenal itu. Nah... caranya gimana ke Ladies Market [Tung Choi]? Naek MTR ke Mongkok Station MTR dan keluarlah di pintu E2. Jangan lupa untuk siap-siap terkaget-kaget dengan lautan manusia.
Kalo mikir orang-orang di daerah Tsim Sha Tsui itu udah banyak, maka orang-orang di daerah Mongkok adalah SUPER banyak! Ada 3 jalanan yang merupakan surga belanja dunia Hongkong. Fa Yuen Street [tempat jualan Sport equipment], Tung Choi Street [Ladies Market yang jualan seluruh kegemaran wanita dari baju sampe pernak-pernik dan baju anjing. Disini banyak banget barang buat oleh2], Sai Yeung Choi [ini surganya elektronik macam Glodoknya Jakarta]. Nah, ketiga jalan ini saling bertetanggaan dan tertutup untuk kendaraan. Jadi, bisa dibayangkan bukan, seperti apa tumpah ruahnya manusia????

Kalo bilang, ke Ladies Market hanya buat window-shopping, itu namanya penyiksaan dan sesuatu yang MUSTAHIL!!!
Akh ya... satu yang membuat gw dan temen gw bersorak kegirangan: nemu KFC!!!! Aiiihh..... *klontang*
Well, at least kan menu makan gak McD mulu bukan??? ^_^

11:00PM
baru melangkahkan kaki ke hotel yang setelah paginya bertanya, ternyata lift yang beroperasi diatas jam 10 malam ada di bagian tengah gedung. Well... itulah sebabnya mengapa kami rela ke Mongkok malam-malam. Hahaha!
Tapi biarpun begitu, tetep terasa KURANG!
Apalagi, temen gw belum dapet seragam tim basket Hongkong yang hanya ada di suatu tempat entah dimana itu di daerah Fa Yuen.
So, besok, daerah itu akan kembali kami JAJAH.


-- end of The Traveler’s Journal Part IX: Hongkong – Disneyland “the land to spoil your childhood side” --

_________________________________________
the sums:
buy the disney ticket online... it really saves your valuable time.
di Disneyland, satu hal yang WAJB hukumya untuk disiapkan baik-baik [selain uang tentu, ^_^]: KAKI. Hahaha! Bersiap-siaplah untuk menempuh perjalanan KAKI total puluhan kilometer jauhnya. Oia, gak usah ngoyo pengen ngabisin semua wahana di disney. Sesuaikan dengan sikon badan dan mental dan jadwal rencana liburan plus kegemaran. Jangan ngarep banyak thrilling rides, hanya ada sekitar 3 rides yang masuk kategori thrilling soale.

Emang sebenernya, paling enak tuh ke Disney setelah makan siang. Keuntungannya: gak perlu ngeluarin uang lebih buat makan siang di dalam, begitu dateng bisa langsung liat water-parade, trus ngisi waktu sambil maen/belanja/nongkrong sebelum liat fireworks yang baru muncul sekitar jam 9 MALAM [gw gak kebagian krn tll mlm dan kepentok jadwal yg padat]. Begitu tipsnya. Oia, belanjanya pas mau pulang ya, biar gak repot bawa-bawa barang sambil naek wahana. Bring your light backpack, it’s more compact. Trus... jangan ragu buat minta ekstra kantong plastik yang lucu-lucu pas bayar souvenir, dengan senang hati dan royal, kasirnya bakal mendesakkan tidak hanya selembar, tapi berlembar-lembar kantong plastik Disney.
Rate harga souvenir di Disney semua diatas HK$30 dan untuk items boneka semua berkisar ratusan. Gitu juga baju. Jadi, klo memang mau belanja di situ, pastikan untuk NABUNG ekstra sebelom ke Hongkong. Or swipe the card, it’s much more helping.
bila mendadak setelah direncanakan sematang mungkin, namun Hongkong tersiram hujan sepanjang hari, jangan langsung menggagalkan rencana ke disneyland. percayalah, cuaca cerah sangat langka hukumnya di Hongkong, so...just prepare yourself with nice clothes and an umbrella. like i said... umbrella is a new fettish there, hehehe.

Akkkh... satu lagi, jangan kaget sama kelakuan orang Cina daratan yang sumpah deh... grasa-grusu, lasak, seneng teriak [contoh: di dalem toko teriak2 manggilin temennya yang ada di ujung toko, bikin kehebohan setoko], seneng tubruk sana sini tanpa bilang ‘maaf’, seneng nginjekin kaki orang dan untuk anak-anak kecil, mereka senang sekali nyerobot antrian. Whatta HABIT.

1 comment:

  1. mau tanya donk...
    kan aku rencananya mau ke hongkong akhir tahun,klo tempat belanja yang murah dan banyak pilihannya selain ladies market dmn lagi sii?
    trus klo dari hongkong ( causeway bay ) mau ke shen zhen naik MRT dari mana yah?
    makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete