Wednesday, September 19, 2007

The Traveler’s Journal Part VII: Macau – Unbelievably ‘friendly’ People [in cynically mode ON]

August 13th 2007

06:30AM
bangun-mandi-packing

07:50AM
cabut dari hotel dengan pesan dari penunggu hotel yang masih berusaha mengumpulkan nyawanya yang masih tercecer: “if you want to check out today, be sure you’re already here before 12, because i won’t be here after.

Hmm... oke!

08:20AM
sudah berada di Leal Senado dan... desperately calling the Airport lewat telpon umum koin [!! Masih ada dan berfungsi bae cuuy!!]. Untuk apa? Untuk menanyakan service titip tas. Man, I was so not wanting wandering here and there carrying bundle of hastles on my back!!

Gak nyambung2 juga, alhasil melangkah menyusuri Leal Senado, berharap ada warung yang buka buat numpang sarapan. Satu langkah demi satu langkah tercipta di tengah kesunyian pagi. Eh, sumpah loh bow, jam segitu orang Macau masih pada tidur sepertinya, soalnya sepi banget! Toko belom ada yang buka, padahal udah hampir jam 9, mana perut makin keroncongan! Uughh, jalanan yang menanjak itu, terasa begitu memberatkan kedua betis dan paha euy!!
Baru disadari kalo semua toko baru buka pada pukul... 11. MANIS!!

Setelah luntang lantung sana sini, mendadak temen gw berenti di ujung sebuah gang kecil. “Put, ada warung!” gitu kata dia. Gw ikutan ngintip. Bener aja, ada seonggok warung roti di ujung akhir gang itu. Ada sekitar 4 orang yang sedang makan dan ngegosip di situ. Perasaan gw sih gak enak. Tapi berhubung perut udah unjuk rasa anarkis, mau gak mau, gw menyetujui ajakan temen gw buat numpang sarapan di situ.

Warung [well, hanya sebuah meja dan sebuah rak kecil sih tepatnya] itu ternyata menjual roti dan gw jujur gak bisa mengalihkan tatapan dari mangkuk berisi mie panas yang sedang disantap seorang perempuan. Gosh! My mouth was watering all over the place! Yang punya warung itu, seorang nenek tua, yang sepertinya malah gak suka didatengin kita. Heran kan?

Yea... tentulah, bahasa tarzan digunakan saat transaksi. Untungnya, seorang perempuan yang tengah makan mie tadi itu, cukup luwes berbicara inggris, sehingga dirinya membantu menerjemahkan transaksi aneh itu.

Satu roti bun bakar beroles mentega seharga 3MOP dan satu gelas lemon ice tea seharga 5MOP pun muncul di meja lipat tempat gw dan temen gw berada. Well... dari pada gak ada toohh??? Tadinya sih, mau mie juga, tapi keuangan menipis euy!!!! Sepertinya tinggal 20MOP untuk berdua ha!!!

Omong omong sama cewek itu, ternyata didapat kalau [oyea, hell... selalu deh dikira filipino. Hell! No one knows Indonesia i supposed!] pemilik warung si nenek-nenek itu, orang Palembang. Ha!!!
Sudah 4 tahun di Macau [sepertinya sih, lebih dari itu] dan sama sekali blank bahasa indonesia [ato gak mau make lagi?]

Selesai makan, pengennya, gw dan temen gw poto bareng nenek tua itu. Yah, ngerasa seneng gak sih, ketemu sama sesama tanah air?
So i asked her to take a picture. And what did she reply? “eight dolla
Gw dan temen gw liat-liatan bengong. Dan dia mengulangnya lagi, “eight dolla
we have to give eight MOP?” tanya gw polos.
should we pay you 8 dollar?” tambah temen gw sama-sama polos ditengah kebengongan kita.
Nenek tua sialan itu menyeringai dan berkata-kata dalam bahasa yang hanya jenisnya dan Tuhan saja mengerti. Ha!! Tanpa perlu nego, gw dan temen gw pun cabut dari tempat itu, tentu sambil menyumpahserapahi nenek tua itu. Iiihhh!!!

Akh, saking bete sama si nenek bangsat itu, gw ma temen gw malah kesasar. Nasib! Tapi, justru karna kesasar itu, malah nemu sesuatu yang unik.

[Yup! WC untuk anjing. Lucu sekali kan?]

Menyusuri kembali jalanan setapak menuju Ruin St. Paul, yang semakin lama semakin menanjak, akhirnya menemukan juga kumpulan orang menyantap sesuatu. Segeralah mendekat dan ternyata... it’s DIMSUM time! Wuuiih, semua orang makan dimsum dan semangkuk susu panas. Hmm... yummy.
Berhubung keuangan tinggal sekian gelintir recehan, mau gak mau hanya bisa sibuk nanya sana sini [satu porsi harganya 8MOP] tapi ragu juga sih, halal apa kagaknya. Nah, di depan tukang dimsum angkringan itu ada yang jualan buah. Yang menarik perhatian sih, plum. Ada 3 jenis: kuning, merah sama ungu. Tapi gak mungkin beli sekilo pan? Males buanget bawanya! Alhasil nyoba satu yang merah [2MOP], rasanya? Asem seger gitu deh. Eh iya, yang jualannya lgs jutek pas tau kita hanya beli satu buah, walah galak bener negara ini ya??

Nah, dari kejauhan, udah keliatan aja tuh puing-puing bersejarah. Sepanjang setapak menuju Ruin St. Paul, kiri kanannya toko makanan. Kebanyakan jualan dendeng...Babi [YUP!] trus dibagi-bagiin gitu secuil gratisan.

Rasa penasaran gw akan egg tart pun terbayar di sebuah toko kue yang cukup tersohor di Macau. Rasanya?? Manis, lembut, tapi pastry-nya renyah banget plus anget banget! Enak deh! Di toko kue itu isian egg tartnya terasa lembut banget.

Ada beberapa jenis snack yang menarik perhatian gw. Sepertinya bisa dibawa pulang buat oleh-oleh. Masuk lagi ke toko kue lain yang sangat tersohor di Macau sampe iklannya dimana-mana ada dan bikin yang liat ngiler. Nah di toko itu, gw disodorin sebuah kue kecil. Bentuknya kayak kue satu yang dari sagu itu. Rasanya juga seperti itu, tapi gak manis. Asin dan gurih. Ngobrol-ngobrol sama pramuniaga disitu, milih2 kue yang halal dan tersentak kaget saat dirinya menunjuk si kue satu itu salah satu dari makanan berisi cincangan daging babi. Mampus gw! Mana gw nyaho klo kue satu bisa diisi daging babi?! Yaah... apa mau dikata?! Toh sejak menjejakkan kaki di Macau pun, gw udah menyecap babi kok [minyak babi?] jadi sekalian makan dagingnyalah, haha!

09:10AM
Finally menjejakkan kaki di Ruins St. Paul. Mangsudnya sih, poto-poto.
Nothing in there particullarly. Just ruins. Ada Museum of Sacred juga, tempat nyimpen barang-barang peninggalan Seminari St. Paul jaman penjajahan Portugis.
Mau lanjut ke museum macau yang terletak di dataran tinggi di atas Ruins St. Paul, gak bisa krn hari Senin museum itu tutup. Mau lanjut ke Monte Fort... cape banget yak. Naekin sekian ratus tangga! Namya juga Monte [Mount] jd pasti terletak di atas bukit lah. Aiihh.. makasih deh. Kaki gw udah mo copot soalnya.

So... let’s just have a picture... and another one and other ones... and mooorreee other pics ^_^















09:45AM
tuker duit!! Yup! Harus mengeruk kekayaan dulu sekalian buat bekel ke Hongkong, jadi nuker duit ke Hongkong Dollar [yang juga bisa dipake buat belanja di Macau, tapi MOP gak bisa dipake di Hongkong]. Setelah itu? Menjajal Starbucks Macau, hehehehe. Mau beli Mug-nya gak sanggup ngerogoh dompet gw, hehehe.


10:15AM
kelar nelpon airport dan mastiin di bandara ada tempat penitipan barang plus nanya tarifnya, gw dan temen gw pun memutuskan buat laid-back di taman Leal Senado. Oya, a lil note... it’s a place to hang out bagi para TKW di Macau [sekalian ngegaet bule mungkin? Hehehe... saw many of them the night before]


11:00AM
melangkahkan [dengan berat hati] kaki menuju penginapan buat urus tetek bengek cek-out dan untung sekali penjaga penginapan masih ada. Namanya siapa ya? Gw kok lupa? Riza? Kriza? Triza? Something like that lah. Seorang cewek Filipina yang cukup sedih mendengar cerita hidupnya, hehehe.
Ooh, iya... disitu kita menemukan 4 gelintir laki-laki bule yang cukup ganteng dan mau cekout. Eh, tunggu dulu! Pikir gw, di penginapan itu hanya ada 3 kamar yang semuanya share. Kenapa kok gak liat manusia2 itu kemarin?!?! Cape deee [emang belom saatnya Ken... bersabarlah nak!]

00:00PM
oficially menggotong dua gembolan besar itu masuk ke dalam bis menuju Jetfoil Terminal untuk lanjut pake bis AP1 yang menuju bandara.

00:20PM
setelah cukup alot mendapatkan AP1, sumpah!!! Itu bis beneran bikin darah tinggi deh! Belom lagi petugas Perusahaan Bis-nya yang reseh dan gak bisa bahasa Inggris. Lengkap sudahlah. Untung ada anak-anak sekolahan yang bisa di-hijack buat nerjemahin, heehe.

Yang pasti sampe bandara Macau yang sepi nian itu, langsung titip tas [20MOP/hari] trus balik lagi ke Jetfoil Terminal.

01:37PM
Keluar dari Jetfoil Terminal setelah cek-in, tuker dolar hongkong [lagi?!] lalu?? MAKAAAAAANNNN!!!!

Nemu sebuah mall diseberang Terminal itu, langsung memburu food-court. Daaannn??? O-ow... nothing’s halal there. Baru masuk arena food court aja, bau Miss Piggy udah merangsek masuk hidung. Olalala....

Pilih sana sini, alhasil dapet satu porsi nasi goreng seafood yang memang tidak memakai daging babi, tapi berlimpah minyak babi, hehehe. Porsinya??? Cukup buat makan 3 orang deh! Dan baru saat itu [saat gw melihat sekeliling] gw menyadari kalo porsi makan orang Cina itu banyak banget yaak??? Gw nasi goreng itu aja gak abis, mereka masih nambah pake sup ato belut ato ceker ato... entah apalah itu, yang notabene porsi besar. Ckckckck.... hebaaat! Padahal mereka kurus2 cuuyy!

[ini nasi goreng, udah abis setengahnya aja msh sebanyak ini!]



02:13PM
udah nyampe Terminal Jetfoil lagi.
Lari sana sini dan sempet shock saat petugasnya bilang ferry jam 3 dicancel. Halaah!!! Eh, taunya malah bisa naek ferry sebelum itu yg jam 2.20PM. Dasar, tuh petugas bikin jantung gw kerja ekstra aja!

02:45PM
udah duduk manis di ferry dan menikmati perjalanan air berdurasi kurang lebih 1,5 jam. Rasanya?? Fantastic!


-- end of The Traveler’s Journal Part VII: Macau – Unbelievably ‘friendly’ People [in cynically mode ON] --

______________________________
the sums:

kota/negara Macau itu tempat yang menyenangkan terutama buat orang yang pengen laid back. Most of the town is so... quite. Jarang penduduknya dan semua dalam ketenangan yang terorganisir. Tapi jangan harap akan mendapatkan servis turis yang friendly dan helpfull. Most of the time, loe akan mendapatkan raut wajah kecut yang mungkin berpikiran: “ooh, not another tourist lost” gitu. Kemudian mereka akan menjawab dengan nada kesal tanpa mengeluarkan suara-suara bahasa familiar bernama “English”.
Indeed, bahasa tarzan is the most universal language ever!
Petunjuk jalan maupun rambu-rambu lain seluruhnya dicetak dalam bahasa Cina dan Portugis yang lucunya, penduduk disitu hanya peduli dengan bahasa Cina tanpa mau bersusah payah belajar menulis latin atau membaca tulisan Portugis itu. Aiiih...


Ooh... Macau terdiri dari tiga daerah: Macau, Taipa dan Coloane. Tiga-tiganya tempat tujuan wisata yang berciri khas sendiri. Tapi klo hanya punya 1 harian liburan di Macau, spend it just in Macau lah. Udah abis sama kesasar juga soalnya, hehehe. Gw sampe menemukan teori klo ke Macau, harus memiliki waktu 2 malam tiga hari. Satu hari untuk kesasar dan hari berikutnya untuk eksplor kota secara fasih, hari terakhir khusus ke Coloane buat beli egg tart di toko kue egg tart paling tersohor di dunia: “the Lord Stowe” [sayang, gak sempet ke situ eyy], biar bisa dibawa pulang. Hmmm.... yummy!!!

No comments:

Post a Comment