Tuesday, September 25, 2007

The Traveler’s Journal Part XI: G’bye Hongkong-Macau, Welcome to Bangkok!

August 16th, 2007

06:32AM
udah siap dengan ransel dan tentengan tas isi belanjaan, berdiri ngantri lift. Begitu sampe di pintu keluar Mirador Mansion yang sumpah gedung itu masih sepppiiiii nian, berpapasan dengan seorang bule yang malam sebelumnya sempat kita keceng [alah, keceeennggg!! *klontang*]. Emang ganteng deh tuh bule. Model2 skater gitulah. Apa yang itu bule lakukan? Dirinya bertelanjang dada, beler berat dan merentangkan kedua tangannya seperti menyambut kita, dan menyapa “hello ladies...
gw dan temen gw membalas, “bye” dan meninggalkannya terbengong-bengong, hehehe.

6:52AM
udah ada di Hongkong Shuntak Building yang jadi markas TurboJet yang akan membawa ke Macau. Tiket sih jam 8:15AM, tapi nyampe lebih dulu gak masalah kan. Sapa tau dapet standby line yang bisa masuk ke ferry sebelumnya.
Kali itu mau sarapan di McD. Liat harganya, termehe-mehe. Dengan HK$12 udah bisa sarapan lengkap dengan telur mata sapi.
Itu yang gw pilih. Tapi berapa harga yang harus gw bayar? HK$20. LHO?!?! Gw protes dan nanya, gak guna karena si pelayannya gak bisa bahasa Inggris. Huuhh.... terpaksa keluar juga tuh duit. Untung masih ada 2ratus sekian dollar hongkong buat belanja di Macau.

7:32AM
udah ngantri di standby line dan.... dapet ferry yang sebelumnya!! Senang sekali! Setengah jam lebih awal dari jadwal seharusnya. Beruntunglah!

09:15AM
selamat datang kembali di MACAU!!
Segera menitipkan tas di terminal ferry itu yang cukup murah. Dan segera melesat ke Macau Tower buat membeli miniatur Kun Iam yang hanya ada di toko souvenir itu dengan harga murah. Hehehe, gak mo rugi gitu ya?
Sampe sana? Tokonya...MASIH TUTUP!
Huuuh!! Alhasil, nunggu sampe jam 10 deh. Poto sana sini, sempet pula maen game gratisan, hehe.

10:20AM
turun di sekitaran Praia Grande dan mendadak gw memekik kegirangan saat mendapat tulisan di plang kecil yang menunjuk ke sebuah gang kecil. Margaret’s Café and Nata. Tempat menjual egg tart yang kata pemilik Auguster’s Lodge, memiliki rasa yang sama dengan egg tart Lord Stow’s yang ada di daerah Coloane [gak mungkin ke Coloane dengan waktu mepet begitu soalnya].
Akhirnya, kaki pun dilangkahkan ke situ. Pantes gak keliatan café rumahan yang nyempil di dalam gang yang setelah dirunut-runut ternyata tepat di belakang penginapan Auguster’s Lodge. Halaaah!!! Pantes direkomendasiin si pemilik penginapan itu!!
Satu egg tart [6MOP], satu plum cake [6MOP] dan satu air mineral [5MOP] pun tersaji di depan muka. Yang pertama dicoba, tentu egg tartnya. Rasanya? Klo di Koi Kei, toko kue tempat gw pertama kali nyobain egg tart, tekstur isiannya terasa begitu lembut dan fragile. Klo di Margaret’s, tekstur isian lebih steady dalam arti lebih padat. Rasa perpaduan pastry gurih dan puding telur yang manisnya sih sama, yang berbeda hanya teksturnya saja. Apalagi dimakan hangat-hangat. Dan rasa plum cake yang besar itu? Wuiiih... enaak! Hehehe. Temen gw untung gak gitu bergairah dengan kue-kue dan akhirnya, gwlah yang menghabiskannya. HAHAHA!!!

Dan baru kemarin saat gw kembali surfing Macau di internet mengetahui kalau ternyata Margaret’s Café and Nata adalah induk dari Lord Stow’s yang terkenal seantero jagat itu. Haiyaaah!!! Jadi, beruntunglah kami. Seenggaknya, gak perlu ngubek-ubek Coloane [plus tersesat lagi] demi sepotong egg tart itu kan?

10:40AM
menuju Ruins St. Paul buat beli kaos, makanan dan [buat gw] miniatur Ruins St. Paul.
Kaosnya cukup murah. HK$50 buat 2 biji [tapi tergantung jenis dan ukuran. Untung, gw ukurannya S jadi lebih murah], ke toko kue Choi Heong Yuen buat beli Sweet Heart Cake yang rasanya kayak bakpia tapi isiannya selai Winter Melon yang manis tapi terasa light. Enak.
Pengennya sih, beli mooncake, beli husband cake, tapi semuanya.... menggunakan babi. Hiyaahh!!! Bahkan eggroll pun berisi abon babi. Hehehe.

Gw menyempatkan diri buat lari ke atas, dekat Museum Macau yang tersedia beberapa pedagang suvenir kaki lima, sementara temen gw menunggu di tempat kue itu.
Setelah tawar menawar, akhirnya pedagang itu memberikan gw miniatur Ruins St. Paul seharga MOP35 yang warnanya emang keren. eeh, lucunya, pedagang itu tawar menawarnya dengan... bahasa indonesia. Padahal gw udah keukeuh pake bahasa inggris. Mendadak dia bilang, “tiga lima”. Gw kaget dan tanya apa dia orang indonesia, kok dia tau gw orang indo, dia menjawab, “face like you. Only 2 options. Phillipines or Indonesian. I live here many years and i can tell people from their face
Waah, gak nyangka. Untung gw milihnya di kedai dia bukan kedai suami istri yang terlihat jutek. Hehehe.
All set then. Let’s heading to the airport!!!
Tapi sebelumnya, temen gw merengek-rengek buat makan siang. Alhasil, sepiring nasi goreng [untuk ber2], yang rasanya aneh, pun mengisi relung lambung gw yang jelas-jelas unjuk rasa menolak. Maklum, rasanya sumpah gak enak, hehehe. Mungkin, ada campuran tertentu.

11:30AM
benar-benar meninggalkan daerah perkotaan Macau dan menuju Terminal Jetfoil yang dilanjutkan dengan menaiki AP1 [sekarang sih, udah jago milih bis sialan itu] menuju airport.
Sesampenya di airport, langsung bongkar muatan dan... Re-packing. Hahaha!!!
Beberapa kali dikira Tenaga Kerja asal Filipina saat pesawat menuju negara itu dikoar-koarkan. Wuahahaha!!
Oiya, penekanan sekali lagi: airport Macau adalah airport ter-SUNYI seantero jagad. Tapi soal kebersihan, nomer satu! Jelaslah, secara hanya ada segelintir orang yaa? oia, disitu juga temen gw membeli light coke rasa lemon termahal didunia. Berapa harganya? 20MOP [seharga 20rebuan tuuh, haaha]

4:30 – 6:20 PM
perjalanan panjang menuju BANGKOK!!!!

6:30PM
mengurus imigrasi dan terpekur pada penampilan seseorang yang antri 2 orang di depan gw. Laki-laki itu terlihat, unik. Saat itu, dirinya memakai celana pendek dan kaos yang sumpah, kucel banget! Rambutnya digimbalin dan diikat seluruhnya menjadi satu. Begitu cuek dengan bersendal jepit dan ransel di punggung.
Gw baru menyadari kalo dirinya baru turun dari penerbangan Phnom Phen karena bagasinya bareng sama pesawat kita. Aiiih... not a ‘so-gorgeous-guy’ indeed, but somehow, my eyes stucked on him, hehehe...
Menukarkan dollar di situ dan kelimpungan bingung nyari shuttle bus yang bakal bawa kita menemui NGV551 menuju Victory Monument. Nanya ke seluruh petugas, gak ada yang tau shuttle bus menuju terminal bus umum di airport. Kok aneeehh?!?!?!
Sampe seorang laki-laki nyeletuk, “you probably won’t find it. The shuttle bus stop serving at 6PM
*Toweng toweng toweng!!! *
Tapi yang membuat gw terbengong adalah laki-laki yang bersama si cowok pembawa berita itu. Aiih, itu kan si kucel!! Gw menatap temen gw, berharap dirinya bisa membaca isi pikiran gw.


Temen gw yang fasih Thailand, mencoba menggali lebih dalam permasalahan itu pada si cowok pembawa berita sementara si kucel berada beberapa meter di depan kami, berdiri diam. Hingga kemudian, temen gw berinisiatif [ooh, untung dia membaca isi kepala gw], “why don’t we share taxi then?” Gw tersenyum lega dan lebar dan mengangguk penuh semangat. Si cowok pembawa berita memanggil si kucel dan berbicara dengan bahasa aneh, lalu menerjemahkannya, yang intinya meminta persetujuan untuk sharing the cab. Semua setuju! Waktunya cari cab. Harganya berapa? 600Baht! Iiihh!!!


Selama antri cab, gw tanya mereka dari mana, ternyata mereka kakak beradik asal US yang berdarah Kamboja-Thai. Mereka di thai udah hampir 6 minggu, dan baru aja dari Kamboja mengunjungi Angkor Wat. Aiiihh!!! Senang sekali!


Oia, dasar dungu, gw hanya mengingat nama si kucel [Dave] sementara si cowok pembawa berita itu yang adalah kakaknya, tidak gw ingat namanya. Hahahah!!! Maapkeun.
Gw mendapatkan jok belakang, bergabung dengan kedua kakak beadik itu! Heihihi... Sepanjang perjalanan, kami asik ngobrolin pengalaman traveling dan sempet sih mereka kasih sinyal buat nginep di hotel di daerah mereka juga. Tapi eeh, maap kita udah booking kamar tuuuh, hehehe.

Sepertinya, mata gw emang gak bisa lepas dari wajah si kucel Dave. Biarpun kucel, kalo udah ketawa, matanya langsung ilang dan smile lines menghias di ujung matanya. Lucu sekali! Dan suaranya!! Begitu melagu dan pelan dengan aksen US yang ringan melayang di udara. Aiiih.... gw emang termehe-mehe sama lelaki yang ternyata... masih berusia 21an tahun itu. Haiiiiyaaa!!!! Daun muda emang selalu terasa manis dan renyah!!!
Si cowok pembawa berita berulang kali ditelponin ceweknya, yang udah nunggu di penginapan, hehehe. Maap!!
Satu lembar kartu nama berpindah tangan saat kami berpisah di dekat gang hotel dan ber-say g’bye dengan sedikit sedih, karena mereka akan kembali ke US keesokan harinya. Hmmmhh....

Nyampe hotel, juga setelah jalan 500meteran dari tempat diturunin. Hotelnya? Nyamaaan!!!!namanya First House Hotel yang seharga 180rebu/kamar/malem udah dapet makan pagi, kamar mandi dalem [pake bathup+shower], spring bed, tv cable, AC, Room Service daaan kamarnya luaaaaaaasssss buanget!!! No wonder, jadi tujuan banyak turis termasuk orang Indo [ketemu beberapa orang berbahasa Indo soalnya, tapi gak kita sapa, hehehe. Belagu ya?]. Letaknya? Di Petchburi yang dekettttt buanget sama Kedubes Indonesia. Waaah, gw udah ngebayangin, makan masakan Indonesia di kantin Kedubes. Hmmm, syedaaap!!


09:00PM
cari makanan di pinggiran Petchburi. Dapetnya? Chicken Rice dan gw harus bersahabat dengan aroma daun ketumbar yang jadi bumbu andalan orang Thai. Iiih, sampe gw tidur, itu bau masih aja menyertai, hehehe.

Dilanjutkan dengan keliling Pratunam daaaannn.... makan serangga goreng.
Wah, ini bagian yang paling kocak, saat kita berdua menghadapi pedagang kaki lima yang jual belalang goreng, cacing bambu goreng, serangga tanah [gw bilangnya retrong, entah orang2 kok gak ngerti ya?] goreng, dan katak kecil goreng. Sumpah, berdua saling teriak-teriak geli di depan abang-abang itu, sampe dia cekikikan sendiri. Harus beli 20baht, tapi kan gak mungkin kita beli sebanyak itu!! Gilingan!


Lagi serunya nawar sekaligus bergeli2 ria, gak nyadar kalo sejak tadi, ada cowok yang sepertinya baru pulang kerja [terlihat dari pakaiannya] dan merhatiin dengan geli kelakuan kita. Mendadak, dia mengeluarkan 20baht dan membeli belalang goreng itu. Gw memperhatikan dengan seksama. Ternyata belalang itu dimasukin ke kantong kresek kecil, disemprot air garam dan ditaburi merica. Laki-laki itu minta yang pedes. Selama si abangnya meracik semua, gw tanya sama si cowok. “which one is more delicious?” dia bilang, “everything is eat-able”. Gw menatap dirinya dan tumpukan gorengan serangga itu. “You should try” dia nambahin. Gw menatap ragu, “yea, but...”. “Ok, i’ll give you mine some, and you decide it.” Dia menyodorkan plastik berisi gorengan belalang yang dia pesan, mengambil satu dan plok! Langsung dicaplok dan dikunyah, kriuk kriuk... Gw menatapnya gak percaya. Begitu mudahnya dia mengkraus belalang kering itu!! Lalu, gw pun memberanikan diri mengambil satu dari dalam kantongnya, masih mengernyit-ngernyit geli, memotongnya menjadi dua. Bagian atas gw serahkan temen gw untuk mengeksekusi dan plok... bagian bawah sudah berada dalam mulut gw. Rasanya??? Ternyata, enak juga... hahahaha!!!!! Gurih dan kriuk2. Cuma kakinya seneng banget nyangkut di gigi, hehe.


Cowok itu menghilang saat gw dan temen gw masih saling bergeli-geli menelannya. Lalu, memutuskan untuk tidak membeli [walau, gw masih pengen mencobanya lagi]. Sekian langkah dari situ, ada yang jualan bubble tea. Temen gw pun membeli milktea seharga 10baht dan gw yang tidak kuasa menahan rasa pengen makan serangga itu lagi pun memutuskan balik lagi dan menawar untuk beli 10baht. Diberilah, 4 ekor belalang yang besar-besar dengan taburan merica yang cukup banyak, yang jadi teman nyemil sepanjang jalan dari Pratunam ke hotel yang jaraknya dekeeeeet buanget. Heheehe....

Di hotel, belalang itu pun ludes. Hahaha!!! Tapi sebelum lumat, sempet dijadiin fotomodel dulu, hihi.

-- end of The Traveler’s Journal Part XI: G’bye Hongkong-Macau, Welcome to Bangkok! --
_________________________________________
the sums:

untuk yang berniat mengelilingi Macau dengan transportasi umum [yang memang lebih gampang], bacalah dengan seksama tulisan [portugis/cina] yang tertera di display samping bis. Tebak-tebaklah artinya. Yaah, emang butuh waktu untuk terbiasa dan gak tersesat. Gak tersesat dengan transport umum di Macau, adalah sesuatu yang amazingly mustahil!! Hehe.
Juga, jangan haraap semua shelter bus berbentuk sesuai shelter pada umumnya. Mayoritas shelter bus itu, hanya sebuah rambu bulat bertuliskan bus stop dengan daftar nomer bis yang berhenti di situ. Jadi, jeli-jelilah dalam memperhatikan jalanan. Gw gak tau rate taxi karna emang gak pernah pake taxi di Macau. Gak seru!
Jangan lupa untuk menyediakan uang recehan pas, soalnya gak akan dikasih kembalian. Ini berbeda sama di Singapura/Malay.
Klo mau nyobain egg tart tapi gak punya waktu ke Coloane, cobalah ke Margaret’s Café and Nata yang merupakan induk Lord Stow’s di Coloane itu. Letaknya di belakang toko provider GSM CTM deket Lisboa [cuma ada satu kok], masuk ke dalam gang dan berdirilah café rumahan itu yang cukup penuh saat makan siang.

Di Thailand, klo mo naek NGV yang kayak bis Airport Cengkareng DAMRI tapi pake L300, itu lebih ngirit dibanding naek taxi, hanya 45baht! Sebenernya, taxi dari airport ke Petchburi hanya sekitar 250baht, tapi suka digetok 600baht! Reseh memang.

Serangga goreng? It’s a MUST try di Thai [selaen Som Tham maupun Thom Yam Goong]. So, try it!!!

No comments:

Post a Comment