Wednesday, October 08, 2008

DADDY’S DAYS OUT: DAY ONE

Pencarian sebuah BATIK

07.00
Mendarat di bandara Adi Sutjipto dengan selamat sentosa (adil dan makmur?). Apa yang pertama kali menyambut gw adalah hempasan udara panas menyengat di pagi hari. Bikin gw sedikit panik. Pagi-pagi aja udah panasnya kayak gini, apalagi ntar siaaaanggggg????

Pergulatan pagi itu diawali dengan mencari hotel. Padahal sepupu gw yang di Yogya (yang rumahnya dipake buat tempat perhelatan akbar itu), udah nyiapin kamar buat ditempatin. Tapi, namanya juga bokap-bokap, adaaa aja maunya.

Apa yang terjadi bila memesan hotel dadakan disaat liburan lebaran? Yaak, jawabannya hanya satu: PENUH. Apalagi kalo nyarinya itu di daerah Malioboro, walaah jelas penuh!

Setelah sekian menit berjibaku dengan pemesanan hotel (sebenernya sih mba-mbanya yang sibuk, sementara kita tinggal tunjuk hotel dari database yang dia punya), kami pun menyerah, lalu memutuskan untuk memesan taksi yang akan membawa kita ke daerah Jl. Kaliurang, tempat rumah sepupu gw (yang umurnya itu sepantar nyokap gw!) itu.

Waaah, rumah sepupu gw itu dilengkapi dengan 18ekor kucing persia yang gede-gede dengan rambutnya yang diwut-diwut (panjang, lemes, halus gituu)!!! Menyenangkan sekali, walau gw gak bisa sih bilang betah tinggal di Yogya. Karena cuacanya itu sendiri.

10.00
Setelah mati gaya hampir selama 2 jaman, acara pun dimulai. Gak bisa bilang juga kalo gw tetep gak mati gaya. Mungkin ini dikarenakan tubuh gw yang mulai melemas akibat jam 1.30 dini hari udah bangun dan beberes (karena gw naek DAMRI yang jam 3 pagi dari Bogor), jadi setelah 8 jam dipaksa ‘up to the tempo’, badan gw udah mulai menyurut energinya.

15.00
Aiiiihh.... jangan tanya betapa bahagianya gw saat satu per satu tetamu itu mulai mengundurkan diri, padahal kan gw disitu hanya numpang yaa? Hehe.
Bantu-bantu beberes sebentar sebelum akhirnya gw pun nyungsrep di kasur udara di kamar.

Walau begitu, gw sangat bersyukur dengan sambungan opera mini di daerah rumah sepupu gw itu. Lancar bak aliran sungai bengawan solo. Makanya, gw pun tidak mengalami kebuntuan mood terlalu parah. Apalagi dengan aneka koleksi gallery di salah satu situs langganan gw, ehm ehm ehm....

16.30
Bokap gw mencetuskan ide saat gw tengah menelusuri lekuk wajah tirus di salah satu koleksi gallery situs itu. “kita ke malioboro yuk. Ada titipan buat beli baju batik dari si Anu”
Kakak gw sempet menampilkan wajah bete, sementara gw sih pikir-pikir, kapan lagi ke Malioboro!

17.00
Setelah injeksi sana sini, gw pun siap untuk melancong.
Keponakan gw (yang umurnya udah sekian taon lebiih tua dari gw ituuu) pun menawarkan mobil plus supirnya untuk mengantarkan kami. Tanpa pikir untuk nolak, tentu kami terima. Lumayaaan...

Dan seperti yang gw bayangkan....
Malioboro... PUEEEENNNNUUUHHH suesaaak.

18.00
Gw pun hanya bisa menghela napas panjaaang banget, manakala mobil memasuki areal Malioboro setelah hampir sejam kena macet. Well, whadyaexpect tooh?

... – 21.00
Kalo ditanya seperti apa rasanya mengantarkan seorang bokap mencari sebuah benda, jawabannya cuma satu: AMAZED.



Bokap gw itu ‘picky’ buanget. Yaah, nurun sih sedikit sama gw, walaupun gw masih bisa berpikir logik.

Setiap toko batik yang ada di Malioboro sepertinya udah disambangi, semua jenis baju batik udah juga gw jembrengin. Tapi bokap gw selalu keluar dengan alesan yang adaaaa aja. Entah itu kependekan, kekecilan (padahal klo minta ukurannya juga ada!!!!), terlalu seksi, terlalu besar, terlalu aneh, bahannya gak enak, gak sesuai budgetlah, pokoknya adaaa aja.

Hampir desperado juga sih, tapi gw cukup semangat manakala bokap gw bilang, “gini deh Ken, kalo kamu bilang bagus, papap ambil.”
Alhasil, di perhentian terakhir, Mirota, yang penuh sesak bak pasar malem diskonan itu, gw pun memfokuskan diri berjibaku dengan para ibu-ibu dan perempuan-perempuan yang kalap itu.
Keluar dengan sekitar 10 jenis baju batik dari kerumunan itu, bokap gw menampilkan wajah yang bikin gw DROP. Lagi-lagi jawabannya “ENGGAK”, padahal bokap gw udah janji, apapun baju yang gw suka, bakal diambil.

Olala...
Akhirnya gw dengan malas berkeliling toko itu, helpless, hopeless and lost. Mendadak mata gw tergugu pada satu set batik yang sebernya sih, bukan sebuah pilihan yang tepat buat gw. Maksudnya, gw gak gitu suka sama disain maupun coraknya.
Tanpa pikir panjang, gw lempar ke bokap gw, dan dia pun manggut-manggut. Gw langsung masukin baju itu ke kantong belanja, lalu merangsek ke tengah ruangan, memilih aneka lulur dan scrub. Lumayan buat relaksasi saat pulang ke Bogor ntaran.

22.30
Abis makan dan cari bensin ke seluruh penjuru Yogya (dari sekian pom bensin, gak ada satu pun yang pake print out. Menyebalkan!!!), sampe juga di rumah!!! Tanpa mikir panjang, langsung TIDUR, karena tau besok akan ada perjalanan tanpa akhir.

______________________________________



2 comments: