Wednesday, October 08, 2008

DADDY’S DAYS OUT: DAY TWO

Lost and Haunted in Dark Temple

05.15
RISE AND SHINE.
Mandi dan melakukan banyak sekali ritual di pagi hari

7.00
Udah cantik, udah sarapan, udah berkeliling kandang, udah ngegossip dan udah siap tempur juga untuk berkelana. Namun eh tetapi, bokap gw tuh emang the Dandy deh. Lamaaaa banget! Padahal taksi sewaan (seharian disewa udah all-in seharga 600rebu itu udah murah) udah nangkring di rumah dari jam 7 pagi.
Eerggh....

7.45
Telat 45 menit dari jadwal keberangkatan.
Berbekal banyak banget makanan dari rumah sepupu gw itu, kami pun menuju medan pertempuran pertama: Borobudur!
Jalanan menuju Borobudur siih, sepiii buanget. Supir taksi yang baik hati itu pun lancar meluncurkan mobilnya itu.

8.30
Sampe di kawasan candi Mendut, dan nyempetin dulu buat poto-poto di situ.
Terakhir gw ke candi Mendut itu kira-kira 11 taon lalu pas SMA gw ngadain RoadTrip. Aiiih... lama ya? Tapi gak ada apapun yang berubah drastis sih, kecuali keberadaan viharanya yang baru gw notice.

Saat melangkah memasuki ruang utama candi, mendadak gw disergap oleh hawa mencekam. Sumpaaahh!! Perasaan gw gak enaaaakkk banget. Gw sampe gak berani liat ke langit-langit candi, dan saat bokap gw ngambil gambar gw sama kakak gw di deket meja sajinya, gw udah pengen nangis dan terus-terusan mbathin: cepet!cepet!







Hehe... yaah, mungkin hanya perasaan gw aja sih. Tapi namanya juga bangunan jaman pra-sejarah, mana ada yang bebas penghuni gaib bukaan? Apalagi ditambah dengan keberadaan pohon bringin tua di pelatarannya. Hmm... menggambarkan dengan jelas bukan?

Walau penasaran sama bangunan di seberang candi Mendut yang berjudul “Mendut Monastry”, gak ada dari kami bertiga yang masuk kedalamnya, karena udah pengen ngejar ke Borobudur. Maklum, udah kebayang aja betapa penuhnya candi besar itu.

09.00
Bener aja. Masuk di areal parkiran borobudur, bikin gw jiper. Busyeeet, penuh anjrrriiitt!!
Seorang mbok-mbok nawarin gw topi, begitu turun dari mobil. Tapi gw tolak. Dia nawarinnya 25rebu satu. Gw pun bilang, “25rebu itu dua, bu!”. Ibu-ibunya keukeuh, tapi ngikutin gw mulu. Trus gw pun nawar-nawarin jenis topi yang laen, sambil terusss aja jalan. Sampe akhirnya si ibu bilang kalo topi yang gw mau itu, bisa seharga 25rebu 2 biji. Iseng, gw nyeletuk, “kirain 20 bu”, gak nyangka tuh ibu lupa kalo gw udah pernah nawar seharga 25rebu 2 biji. Sampe deket batas jualan, itu topi pun dilepas dengan harga 20rebu untuk dua biji. Hakk... walau gitu, udah dikejar satpam juga sih tuh ibu-ibu, jadi kasian juga. Gw pun membayar 20rebu untuk topi-topi itu.
Tinggal kakak gw yang ngernyit geli, “bukan tadi topi ini lo tawar 25 dua?”
Gw hanya gangkat bahu, “yah,ibunya ngasih, masak gw tolak dapet 20 dua? Masih untung gak gw tawar 15 dua”
“sadiiis”, desis kakak gw ngeri.

Yaah, eniwei, berbekal sebuah topi, sunglasses dan kamera, gw udah merefleksikan seorang turis beneran! Hoahahaha!!!


(dah kyk turis nyasar kan gw? sayang, gelaap! ^_^)


Tapi ada gak enaknya juga sih kalo lo treveling sama seorang bokap seumur 70taon, dan kakak yang mulai mengalami penyusutan energi karena usia (no offense sis!!), ke borobudur. Bayangkan berapa banyak tangga batu curam yang harus didaki!!! Belum lagi ribuan (ato ratusan ribu) orang yang memadati candi itu!!!

Alhasil, mereka berdua hanya sanggup sampai di halamannya aja, sementara gw meneruskan hingga ke puncak. Gak seru sih, karena foto gw di puncak tuh gak ada. Mau minta tolong motoin sama orang juga ngeri. Yaah, enjoy the view ajalah walau harus berdempet-dempetan, sesek2an dan panas-panasan.

Oia, dengan dandanan gw yang seperti itu, banyak yang ngira gw turis dari Jepang kesasar dari kelompoknya (pas-pasan soalnya ada turis2 dari Jepang), halllaaah....







10.00
Balik lagi ke Mendut buat ambil miniatur statue warna putih yang udah bokap gw taksir setaksir2nya, sementara gw yang penasaran sama “Mendut Monastary” itu pun akhirnya masuk ke situ. Ternyata Wihara ya. Masih aktif dan gw berpapasan sama biksunya juga. Aiiih...


Setelah itu lalu melaju ke... KOPENG.

Iiiihhh!!!
Perjalanan ke Kopeng itu yaaa, JAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUHHHH buanget!
Jauh sejauh-jauhnya, dan sepanjang mata memandang, hanya ada pemandangan pedesaan. Dah titik.

Tapi apa boleh buat. Namanya juga ikutan program “DADDY’S DAYS OUT”, jadilah nurut aja bokap gw mo ke mana, bukaaan???

13.00
Bayangkaaaaannn!!!
Selama 2 jam lebih di perjalanan tanpa akhir.
Dan yang gw notice adalah pergerakan jam di Yogya itu, terasa lambaaaaaannnn buanget, jadi terasa menyiksa. Terlebih dengan cuaca yang terik akibat 3 bulan tanpa air membasahi bumi. No wonder muka gw berasa dikasih bedak ekstra sama pasir yang beterbangan dengan penuh suka cita memenuhi udara.

Sesampenya di Kopeng, gw hanya terbengong-bengong. Daerah ini tidak mengalami perubahan berarti sejak 20 taon lalu gw sambangi!! Eduuun. Statis skali!!!

Di Kopeng, hanya numpang makan.
Bokap sama kakak gw dengan teganya menyantap dengan rakus 20 tusuk sate kelinci, sementara gw pun memberanikan diri untuk menikmati soto ayam mecin (saking banyaknya itu MSG yang ditumpahin di mangkok makan gw!!!) dan satu tusuk sate kelinci (hasil paksaan kakak gw buat nyobain. Padahal di tawangmangu, gw menikmati sate kelinci juga. Aneeh bener gw!).
Lumayanlah perut gw cukup kenyang (kenyang???? Gw menghabiskan satu mangkok nasi soto Mecin seporsi kuli yang bikin kakak gw Amazed kok!! Itu sih lebih dari kenyang!)

Dan saat meninggalkan Kopeng, gw pun dibuat shock dengan beberapa kepala kelinci yang digantung di sebuah restoran sate. Sumpaaaahhh!!! Bayangan itu gak bisa ilang dari benak gw hingga sekarang! Gw termasuk pemakan segala, tapi klo disuruh liat kepala kelinci digantung siih, gw angkat tangan deeh.

15.00
Dari Kopeng, kami menuju kampung halaman bokap gw: Boyolali.
Mau nyekar makam Eyang Kakung sama Eyang Putri.
Letak makamnya sendiri berada sedikit keluar dari kabupaten Boyolali (di Ampel klo gak salah)
Cukup mengharu biru saat sampai di makam. Entah mengapa, jadi bikin gw mikir juga soal idup ini.

Eniwei, setelah dari makam, mampir dulu di toko “Abon Burung” (abon sapi cap Burung tepatnya) langganan bokap gw yang tempatnya gak jauh dari makam (cuma beda beberapa gang dari jalan rayanya sih). Tokonya sendiri, bener-bener toko tua jaman Belanda. Seru juga. Jangan harap deh ada plang gede tulisan itu nama toko, ato etalase yang meriah. Malah gw pikir ini toko tutup. Tapi begitu masuk, yang belanja mbludak. Gak tanggung-tanggung sampe ratusan ribu rupiah dirogoh dari kocek mereka tanpa ragu.

Emang pepatah “don’t judge a book by its cover” itu berlaku dimana aja ya...
Belanja ini itu

16.00
Masuk ke daerah Boyolali, suasana kota yang satu ini, mirip sama Cianjur. Mirip banget dehh.
Apa tujuan selanjutnya? Prambanan.
Entahlah, apa candi yang satu itu masih buka ato enggak, yang penting, coba aja dulu (seperti yang diucapkan oleh si Pak Supir yang baik hati itu)

17.28
Sampe juga di daerah Prambanan, dan tanpa pikir panjang, atas saran si Pak Supir, kami pun melesat turun dan mengikuti rombongan bis yang juga telat nyampe itu.

Judul yang tepat dalam kunjugan ke Prambanan sore itu seh sebenernya: “The Real Amazing Race Asia”, kenapa? Karena nyari loketnya aja penuh perjuangan. Belum lagi, pas sampe di loket, yang jaganya udah tereak “lima menit lagi tutup!!!”
Hiyaaa!!! Cepet-cepet beli, cepet2 melesat ke komplek percandian, cepet2 poto-poto. Gila, kejar2an sama cahaya soalnya, biar bisa dapet gambar candinya.

Sayangnya sih, untuk ke candi Shiva-nya, udah ditutup. Jadi, hanya bisa poto-poto di sana sini sekitaran candi aja.

Pas beranjak maghrib, kita masih usaha poto, sampe pak satpamnya kasih ide ke kita buat liat prambanan di waktu malam dengan lampu sorotnya itu. Pak satpamnya bilang, kita keluar nanti lewat pintu selatan, lalu nanti dianter sama dia ke parkiran.




Nah, pelajaran yang bisa diambil sore menjelang malam itu adalah, “jangan pernah punya niat buat dapet foto bagus kalo kameranya sendiri gak mendukung!!!” hahahah!!

Hasilnya tetep aja gelap.

Whadyaexpect siiih???

Dan lucunya, pintu selatan bener-bener dikunci!!!! Aiiiiiihhhh!!!!
Terpaksa muter-muter dan nemu lagi pak satpam yang tadi, sepertinya sih terjadi miskomunikasi antara satpam satu sama lainnya. Alhasil, keluar lewat taman Prambanan itu yang jauhnya najis banget!!! Jalan secepet-cepetnya, gak juga nemu pintu keluar. Jauuuhhhhh!!!! Mana jalan kaki, mana gelap, mana cuman bertiga, mana dingin, mana serem, mana bawa kakek2 (bokap gw maksudnyaa), ampppyuuuun daaah. Gini nih klo punya sifat turunan, “ngeyel nan bandel”




19.00
Setelah menginjakkan kaki di pintu keluar, langsung menghela napas lega: “WE’RE OUTTT!!!
Tujuan selanjutnya: PULANG.....

20.30
Sampe rumah, makan, mandi.... TIDUUURR!!
Uugh, saat nemu aer, rasanya gak mau keluar kamar mandi. Rasanya badan ini langsung bersih dan seger.
_______________________________

No comments:

Post a Comment