Wednesday, April 08, 2009

The Traveler’s Journal 3rd Volume “Enjoy Asia” Intermezzo: Perjuangan Mendulang ‘emas’ di HMV Hongkong



Yap! Jauh-jauh ke Hongkong cuman buat ke toko musik?
Betul sekali!

Tapi HMV bukan sembarang toko musik. Jaringannya cukup luas dan isinya sendiri boleh dibilang lengkap, terlebih HMV Hongkong cukup lengkap untuk koleksi kitaran Asia. Banyak CD atau DVD artis Asia yang gak masuk ke toko musik Indonesia, tapi bisa ditemuin di toko ini.

Berdasarkan info juga, HMV itu tersebar di negara-negara: Inggris & Irlandia, Canada, Singapura dan Hongkong. FYI, HMV Japan gak lagi dibawah HMV Group (udah dijual), itu juga berdasarkan info dari Om Wiki.
Di Hongkong sendiri outlet HMV ada di 5 atau 6 tempat, salah satunya, ada di daerah kitaran Haiphong itu. Makanya, gw pun menjadwalkan lawatan khusus ke HMV ini setelah dari Avenue of Stars dengan satu tujuan mulia.

Tujuan gw yang sangat mulia itu adalah “membeli 2 DVD L’Arc~en~Ciel Are You Ready Mata Heart Ni Hi Wo Tsukero in Okinawa dan Theater of Kiss

Kenapa di HMV Hongkong?
Karena harganya setengah dari harga yang musti gw bayar kalo gw maksa punya saat release dan keukeuh shipping dari Jepang. Klo shipping harus bayar 7680¥ untuk satu DVD, klo di sini, cukup 210$HK saja satunya.

Hmm... gak masalah deh tulisan Made In-nya Hongkong (bukan Jepun) dan kenyataan bahwa gak dapet merchandise seperti klo kita beli pre-sale, yang penting kan... GW PUNYA DVD LARUKU!!!! Hahaha!!! Buseett, udah nabung buat ngoleksi seluruh DVD Laruku dari sejak kerja 5 taon lalu, kaga juga kebeli saking gak tega shipping dari Jepun, sampe-sampe ntu pundi Laruku udah gw bocorin buat ini itu, haha!!

Tapi eh tetapi, klo ngandelin ingatan gw buat nemu toko HMV itu, ternyata hampir bikin kami kesasar (yea, what’s new??). Secara dulu, pertama kali ke Hongkong, gw nemu HMV itu juga gak sengaja, gara-gara kesasar juga tepatnya sih. Jadi kga merhatiin nama jalannya, gak juga merhatiin disain toko ato ancer-ancernya.Dulu yang penting mampir en numpang denger CD gratis, sambil secara udik nyobain touchscreen option nyari CD/DVD disitu, hahaha dasar bekpeker norak!

Setelah hampir ngitarin tempat yang sama 2 kali, akhirnya gw menemukannya sodara-sodara!!! Hurraaay!!

Begitu masuk HMV, rasanya gw berada sekian jengkal dekatnya dari takdir gw bertemu akang Hyde dan sobat-sobatnya itu. Kluyuran tiap row, sampe pusing, kok gw kagak nemu-nemu ya? Deretan musik Jepun sebelah mana sih? Dengan sabar, gw ngitarin toko yang luasnya sekantor gw itu (ini kantor gw yang kecil, ato HMVnya yang gede yaa?) dan level excitement gw pun berangsur melemah. Bahkan hampir redup dan mati.

Temen gw yang prihatin akan kesehatan mental gw pun membesarkan hati, “coba tanya deh.
Alhasil, gw pun menurut dan nanya ke mba-mba di kasir, “do you have Laruku’s DVD?” (gw memakai Laruku, karena gw pikir mereka seperti Jepun people yang kga bisa bilang L’Arc~en~Ciel)
Si mba-mba menatap gw bingung, “what?
Laruku. Laruku’s DVD,” gw keukeuh pake ‘Laruku’
Ohh! DVD? Upstairs. All DVD is upstairs.

Gw bengong.
Busyet! Kantor gw berarti kecil buanget ya? HMV masih punya satu lantai lagi di atas?! Kok gw dulu gak nyadarin itu ya??? Ckckckck... norak banget sih gw! Tuhaaannn!!!

Jreng jreng!!!
Dan benar saja! Semua DVD memang ada di atas.
Tapi semuanya DVD film yang nota bene, kga ada tuh section DVD musik. Mo nangis rasanya. Takdir yang tinggal sejengkal itu, nyatanya akan pupus tak bersisa.

tanya lagi deh Put! Masa’ kga ada sih? Lo udah browsing kan?” dukung temen gw gak putus asa.
udah browsing! Sampe udah tau harganya segala kok! Apa itu khusus item buat online shopping ya?” ujar gw sambil ngiterin tiap row.
Udah hopeless, gw pun menuju kasir lagi, nanya mba-mba kasir lantai 2.
Excuse me, do you have Laruku’s DVD?” tanya gw.
Hmm?” mba-mba itu menelengkan kepalanya, dan mendadak gw sadar akan kesalahan gw selama lebih dari 15 menitan itu...
I mean L’Arc~en~Ciel DVD,” koreksi gw cepat.
Akh! L’Arc~en~Ciel!!” seru si mba itu, “downstair, and you can find it at the Korean Japanese Music section.
But I’m looking for the DVD not CD,” gw meyakinkan si mba-mba itu, jangan sampe gw harus naek turun lantai karena salah ngerti lagi.
Yes I know. The DVD is side by side with the CD. We put them together. It’s in the row C,” perjelas mba-mba itu sebelum kewalahan ngurusin seorang pelanggan.

Haiyaiyaiii...
Jangan-jangan tadi waktu gw bilang “Laruku’s DVD”, mba-mba yang dibawah mikir gw nyari pelem horor keluaran Thailand lagi yaa?? Hiiiisssss!!!

Dengan harapan yang sudah meredup dan perasaan, “sudahlah, kalo gak ada juga, berarti emang gak jodoh”, gw pun menyusuri kembali row per row lantai bawah toko itu. Dan ternyata, ada satu bagian yang belum gw perhatikan benar-benar, yaitu di bagian belakang. Gw sambangi daerah itu, dan memang daerah Korean-Japanese.

Akkh!! Japanese Band!! Itu diaaa section-nya!! Sorak gw girang dalam hati saat lihat ada beberapa artis Jepang yang gw kenal namanya, terpajang disitu.
Gw langsung menghambur ke satu lemari dan tanpa perhatiin sekitar, ndeprok (duduk) di lantai HMV memilah-milah satu per satu DVD dan CD yang ada disana.

Jantung gw mulai gak tentu berdegup. Adakah?? Adakah???
Kenapa semuanya Arashi?? Oooh... Laruku kau kemana???

Temen gw yang liat gelagat panik gw pun menghampiri.
Ada put?!
Gak tau! Semuanya kenapa Arashi dan Kat-Tun siih??” rengek gw kesal, sementara temen gw pastinya gak ngerti apa maksud dua kata Jepun yang gw sebut barusan.

Namun sepertinya, Tuhan sudah cukup mengisengin gw maka Beliau pun dengan baik hati menyembulkan sinarNya diantara lemari itu.

Akkkh!!!” sorak gw tertahan saat melihat cover bertuliskan Theater of Kiss. Tinggal satu!!!
Cepet-cepet gw tarik dan gw peluk, kayak nemu anak gw yang ilang aja...
Temen gw sampe cengok liat kelakuan gw, “itu doang?!
Gw geleng-geleng, “ada dua sih, tapi... gak tau ada apa enggak.
ya udah, cari lagi aja,” dukung dia yang baik hati itu.
Dan cover pink/ungu muda itu pun mencuat dalam pandangan gw.
AYR!!” pekik gw tertahan lagi dan meraih DVD itu, memasukkannya dalam pelukan gw, bersama dengan Theater of Kiss.

Mungkin, kalo ada yang liat kelakuan gw waktu itu akan berpikir, “ni cewek baru keluar dari RSJ mana ya? Norak ato gila beneran sih sebenernya?” HAHAHA!!!

udah? Yakin?” pertegas temen gw yang geli sendiri liat kelakuan gw itu.
Gw masih menatap nanar pada deretan DVD Laruku di jejeran itu. Tersempil diantara Ayumi dan entah band Jepun apaan lagi karna gw gak merhatiin dengan jelas.
Ada beberapa lagi DVD Laruku yang belom gw punya seperti deretan Chronicles 1-4, Awake... akkkh, tapi kan gw gak se-kaya itu! Mo bayar pake paan? Belom lagi si Laruku ini mo ngeluarin DVD Live in Paris sama L’7 Documentary... waaakkkss!! Laruku emang satu-satunya band yang bener-bener sanggup bikin gw mati miskin! And all those photos books.... *sigh*

Sekali lagi temen gw mempertegas, “beneran nih? Mumpung di HMV.
Gw menatap dirinya nelangsa, tega banget siiih???
Akhirnya, gw pun manggut-manggut, “udah kok. Yuk.
Daripada gw beneran gila dan diangkut ke RSJ Hongkong gara-gara pengen semua DVD itu tapi kga sanggup bayar???
Untung banget kga nemu MONORAL disitu, kalo iya, bisa miskin mampus beneran dah gw ^^V (nampaknya MONORAL hanya menjual di HMV Japan tidak di HMV Group, hiikkss)

Dan dengan baik hatinya, temen gw itu minjemin kartu kreditnya yang jatuh temponya itu masih lama. Kalo kartu gw sayangnya jatuh cycle di tanggal 15, sementara kala itu adalah tanggal 13, kalo gw pake kartu gw, artinya gw beneran miskin di akhir bulan. HAHAHAHA!!!

Keluar dari HMV dengan garis senyum memenuhi wajah dari ujung ke ujung. Lebaaaaarrr banget! Dada gw juga sepertinya begitu luas dan hati gw membengkak besar saking bahagianya.
Dan temen gw, menawarkan satu hal yang hampir bikin gw pingsan di tempat, “kita jalan kaki yuk ke hostelnya.

HHHAAAAAAAA?!?!?!
Itu satu hal yang gw gak sangka akan keluar dari mulutnya.

beneran?!” pertegas gw setengah gak yakin.
iya. Jauh gak?”dia pun sebenernya ragu.
ya jauhlah. Kata peta sih 3 kiloan. Tapi gw juga gak tau. Mongkok – Tsim Sha Tsui.... 4 stasion sih.
sepanjang jalan, toko semua kan?
sepanjang Nathan Road sih emang toko.

FYI, yang namanya Nathan Road itu panjangnya mungkin 20 kalinya Jalan Sudirman (jakarta) deh, pokoknya puanjaaaangg buanget dan sepanjang itu juga isinya adalah... TOKO. Aneka toko dah. Jalan itu juga yang menghubungkan Mongkok dengan TST.

Dan diputuskanlah... TST-Mongkok ditempuh dengan.... KAKI.
Ckckckck....

Sempet nemu satu spot lucu soal pet yang jadi layar halte bis.
Kata-katanya: “PETS ARE FOR LIFE. THINK BEFORE YOU HAVE ONE



Sayangnya gak bisa full masuk target kamera, kepotong. Dan kalo gw ikutan pose, jadi gelap. Padahal ada tuh yang gw berdiri disamping kelinci dengan gaya mirip binatang-binatang itu, sampe diketawain sepasang Ori yang juga ikutan moto iklan layanan masyarakat ituh.

Back to the journey, setelah dijalani, ternyata kok gak nyampe-nyampe ya ke hostel? Gw pun memutuskan untuk naek MTR aja di Yau Ma Tei yang notabene sebenernya tinggal sejengkal lagi dari Mongkok, tapi daripada kaki potong sebelom gw nyicipin jalan kaki di daerah Central dan Wan Chai, maka kami pun hop in the next train dari stasion Yau Ma Tei dan sampe di hostel 10 menit kemudian.

Sampe gw tidur, senyum lebar ini masih membekas di wajah dan kedua DVD itu pun terbungkus rapi dalam kantong HMV, di dekat gw. Ckckckck....

______________________________
Bestfriending with the ears: Laruku past times hehe

Setelah sekian lama diacuhkan, gw pun memutuskan kembali dengan traveler’s journal ini^^
Masih ada sekian part yang nunggu publish, tapi blm sempet aja mo dibawa (buat numpang internet gratisan di kantor) haha!

ps:
much much thanks to juicy; buat nemenin kesasar demi nyari HMV, bantuin nyari dvd-2 itu, membesarkan hatiku biar gak nyerah, dan tentunya, minjemin kartu kreditnya, hehehe...^^V

Cheers!

1 comment:

  1. Hehe, iya gue juga pengen beli limited edition yang buatan Jepang. Tapi dompet gue ga ngijinin. Hihihi.. Jadi gue juga selalu nunggu sampe Hong Kong/Taiwan edition keluar. Gue biasa beli dari YesAsia sih, soalnya HMV ga ada di Amrik. Trus HMV shipping charge nya mahal ditambah mereka ga terima US Dollar, jadi gue kena charge currency exchange fee extra. Huhuhu...

    ReplyDelete