Tuesday, August 28, 2007

The Traveler’s Journal part I: “when the journey begins in…… chaotically”

August 8th, 2007

02:30AM
“Wake up! Wake up! This is it babe!”
And the arms were wide open, ready to embrace the new adventure.

04:00AM
Sitting calmly, a bit sleepy thou, on the DAMRI bus heading to Soekarno-Hatta International Airport [Cengkareng]. Secretly whispering hopes and prays that everything would be just fine and going smooth.
Dear God, this is it. This is what I’ve been waiting for. Kindly You would grant me making it come true. Please be with me thru all the paths I choose to walk on and all the steps I make. Anyway, I’m ready for the worst.

05:30AM
Soekarno-Hatta International Airport Terminal 1A.
Let’s checking in!!!

06:25AM
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 1A, Gate A5.
Duduk manis di sebuah pojokan, memejamkan kedua mata untuk sesaat dan melayangkan berbagai SMS pamitan dan mohon doa restu ^_^

Dan saat itulah sebuah pengumuman terindera oleh telinga dan menimbulkan percikan emosi bertegangan tinggi sebagai akibatnya. Yup, satu buah kata sakti peremuk suasana: DELAY.
Betul sekali! DELAY saudara-saudara! Padahal, sekian menit sebelumnya, gw baru mengomentari masalah itu! Dan berapa jam DELAY itu berlangsung?
2jam saja.
Alaa, cingcay lah?
Kompensasinya? Satu kotak sarapan berupa: nasi putih, mie goreng sekian gelintir, tumisan beberapa pucuk sayuran, perkedel jagung [atau tepung ya?] selebar telapak tangan dan air mineral gelas.

08:30AM
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 1A, Gate A5.
Kressskk..kressskk... “kepada para penumpang pesawat $%&&^%*^* dengan nomer penerbangan &*(^% tujuan Batam, mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena penerbangan kembali ditunda hingga pukul 10, blablabla...”



DAMN!!!







09:55AM
[masih] Bandara Soekarno-Hatta Terminal 1A, Gate A5.
Posisi kali ini? Berbaris manis di pintu Gate, terutama setelah melihat ada sebuah pesawat maskapai penerbangan $%&&^%*^* yang mendarat.

Satu menit. Dua menit.
“Kepada penumpang pesawat $%&&^%*^* dengan nomer penerbangan &*(^% tujuan Batam, harap menunggu 15 menit lagi untuk check-up pesawat”
Owwkee.....
Berhubung tanggung udah ngantri, maka antrian pun gak bubar walaupun penerbangan diselak sama yang ke Lampung.

Dua puluh menit....
Empat puluh lima menit....

And we were still queuing there.
While the last plane we saw had flown away
Waiting...and waiting.

“HEY!!! Where is the f%^&in’ airplane?!?!”
“We’re sorry, but we do not have any plane’s left, sir.”
WTF?!?!

Yah, begitulah informasi yang diperoleh. Tidak ada pesawat yang membawa sekian ratus penumpang ke Batam entah hingga kapan waktunya itu.
Berapa suhu darah saat itu? The boiling point was above 6000 degrees.

Dan BOOM!!!



Terjadilah pecah perang antara penumpang dan awak maskapai penerbangan tersebut. Wuiih, jangan tanya seganas apa mereka mencaci maki maskapai penerbangan itu.
Mungkin, kalau saja pihak bandara tidak ikut turun tangan, bisa dipastikan Gate A5 Terminal 1A tertutup untuk selamanya terhitung sejak hari pemilihan Gubernur DKI 2007.

11:25AM
yayaya… maasssiiiihh di Bandara Soekarno-Hatta Terminal 1A Gate A5.
But this time, we were back to the queuing line!!!

Yup! Setelah pecah perang itu, akhirnya pihak maskapai penerbangan, dengan secara ajaib memunculkan sebuah pesawat Airbus untuk membawa kami menuju kota transit sebelum menyebrang menuju pusat-pusat perbelanjaan tersohor di negeri tetangga.

Bagaimana keadaan pesawat itu? Entahlah.
Yang pasti, penerbangan kali itu, diiringi oleh pesan terakhir dari salah satu flight attendant dengan kalimat, “mari kita berdoa demi kelancaran perjalanan ini dan selamat mendarat di Batam.
Aiih... Sejak kapan kalimat itu disertakan dalam setiap penerbangan??? Walau temen gw udah ‘sedikit’ panik, dengan sok cool-nya gw bilang, “ah, itu biasa kok.” Padahal mah, dalam hati, gw dzikir terus, apalagi saat mendadak mesin pesawat mengeluarkan suara-suara tak menenangkan jiwa ini ditengah-tengah penerbangan.

1:30PM
Finally, touching down Bandara Hang-Nadim Batam!!! [dengan selamat sentosa]
Syenangnyaaa...
Namun, mendadak seluruh excitement hilang menguap diserap panasnya mentari Batam yang sumpaaahh, panaas menyengat buanget!
Gw gak bisa ngebayangin kalo gw dapet tawaran buat pindah kerja ke Batam, akankah gw ‘dare-enuff’ to take the challenge, since I can not live under the full-sun.

Tugas selanjutnya adalah puter-puter kota sekilas dan mengisi perut yang sejak tadi meronta hebat dengan samangkuk nasi soto SOLO entah di sudut kota sebelah mana. They looked the same to me.

02:52PM
Batam Ferry Center, tempat starting point gw dan temen gw untuk menginjakkan kaki di negeri seberang, saat itu. Letaknya dimanakah Batam Ferry Center itu? Tepat di seberang Megamall Batam [tetep ya bow’ yang diinget itu mall... hahaha]

Akh ya... the fares!!
Penguin Ferry Batam-Singapore = SG$12 [one way], SG$22 [return]
Sea tax: SG$3
Fiskal: IDR500,000.00
[ps: but we just paid the fiskal, hehehe. ^_^V thanks Ivan!]

03:45PM
Duduk dengan manis di barisan depan kapal ferry berjudul ‘Penguin’ itu.
Melengkapi dokumen imigrasi, menikmati sekelumit gossip dan sinetron dari televisi yang digantung di bagian depan, diakhiri dengan helaan takjub saat melepaskan pandangan keluar jendela.





04:45PM
Singapore..... here we come, finally!

--end of The Traveler’s Journal part I: “when the journey begins in…… chaotically” --

the traveler's journal edition:

____________________________________

the sums:
rencana memang bisa dibuat se-sempurna mungkin. Tapi kalau urusannya adalah DELAY 5 jam, hmm... wassalam!!! Gak hanya rencana yang bubar, MOOD pun langsung DROP dan pastinya siap untuk MAKAN ORANG, ^o^

2 comments:

  1. iiiih kamu..
    inget sama aku gak?
    jadi tadi gw lagi googling trip Disneyland HK.. lalu keluarlah cerita lo.. krn gw penasaran, gw liat dari awal trip.. lalu..... eh laluuuu.. cerita awal yang flight ke batam sangat familiar sekali ya.. ehhhhh, pas liat fotonya. lho lho lho??? kok kaya kenal?! hehehe.. gw adalah salah satu dari 3 cewe yang bertrip singapore malaysia doang.. kita ketemu lagi pas di KLCC.. kenalannya kalau gak salah di imigrasi singapore atau di KLCC gitu.. lupa gw.. hihihihihihihihi, nice to finally see you two again:P
    tahun ini trip kemana? *eh udah telat deh pertanyaannya..
    tahun depan kemana? ikuuuuuuuut.. hehehhe..

    .nuke.

    ReplyDelete
  2. wakakakaksss...
    cewek2 yang belanja vnc itu yaa??
    halooowww!!!
    gilingan, pakabar lo?

    kok kga nampilin imel ato blog loe sih? oia, gw naro link facebook gw di blog ini (di sidebar neighblog), add yee siapa tau jadi traveling mate kita?

    taon ini kemaren gw baru dari macau-hongkong ma bangkok (lagiii?!?!) yaya, gw tahu itu pertanyaan yang sll diajukan. tapi gw rencana ke sono emang mo nuntasin sih (walau ternyata blm tuntas juga^^)

    next trip?
    temen gw ngajak ke turkey (tapi itu muahaaalll ternyata), sementara gw ada proyekan di taon 2011 mo ke jepang.

    taon depan, either itu lanjut ke atas (senzhen-beijing) ato muterin lokal aja, tergantung tabungan.

    tapi taon 2011 gw sih udah mantep ke jepang. lagi nyari yang murahan di jepang juga (walau itu hampir mencapai kata "MUSTAHIL", hahaha)

    sering2 mampir nuke
    lalu add-lah gw di FB okeh??

    cheers
    -niken-

    ReplyDelete